Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Tubuh Aktif Bergerak Setiap Hari

Kompas.com - 13/04/2011, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang boleh jadi memiliki pengalaman unik dan berbeda soal berolahraga. Pengalaman pribadi bisa memotivasi diri untuk selalu bergerak aktif, atau sebaliknya, kapok berolahraga. Misalnya, Anda sudah meyakinkan diri sendiri bahwa di tengah kesibukan, jadwal ke gym bisa tetap terpenuhi. Namun pada akhirnya, kesibukan menjadi alasan yang menghambat untuk nge-gym. Atau, Anda menyisihkan waktu, pagi atau malam hari, untuk berolahraga di rumah sebelum berangkat beraktivitas. Namun karena kelelahan, Anda kapok melanjutkannya.

Pada prinsipnya, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan mengacu pada FITT. FITT adalah singkatan dari frekuensi, intensitas, time (durasi), dan type (jenis olahraga).  Dicky Ramadhani, Head of Coach Celebrity Fitness, menyarankan untuk memilih jenis olahraga yang Anda sukai agar lebih termotivasi melakukannya. Anda juga bisa melakukan berbagai jenis aktivitas fisik di rumah atau di kantor, asalkan menjalani ketentuan frekuensi, intensitas, dan durasi.

"Anda bisa melakukan squat di kantor, saat sedang duduk di atas kursi. Lakukan gerakan naik-turun seakan ingin duduk, namun tahan posisi saat akan duduk tanpa menyentuh kursi. Gerakan squat ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Lakukan selama 20 menit misalnya, 20 repetisi, maksimal 3-5 set," tuturnya, di sela peluncuran program Soyjoy Healthylicious 2 di Jakarta, Selasa (12/4/2011) lalu.

Dengan gerakan squat sederhana ini, Anda sudah berolahraga sesuai rumus FITT tadi. Pilihan aktivitas fisik lain adalah dengan berjalan kaki. Saat turun dari kendaraan, berikan jarak dari kendaraan ke lokasi yang ingin Anda tuju. Lalu lakukan jalan kaki dengan langkah cepat, saran Dicky. Berjalan cepat akan meningkatkan intensitas. Memilih naik tangga daripada lift di kantor atau pusat belanja, juga menjadi pilihan cara lainnya. Saat di rumah, lakukan  jogging di tempat dalam durasi tertentu. Prinsipnya, Anda perlu berolahraga maksimal 60 menit per hari. Ulangi apapun gerakan olahraga selama 3-5 kali dalam satu minggu. Dengan cara sederhana ini, artinya Anda sudah berolahraga dengan baik dan benar. Meskipun Anda tidak berolahraga secara khusus dengan menjadi anggota di klub kebugaran.

Cara sederhana berolahraga mandiri tentunya sangat bergantung pada kedisiplinan Anda. Jika Anda beraktivitas fisik namun mengabaikan sejumlah aturan FITT tadi, artinya Anda belum berolahraga dengan benar.

"Melakukan pekerjaan rumah, seperti mencuci baju atau membersihkan rumah, tak bisa dikatakan olahraga, tetapi lebih kepada aktivitas fisik harian. Kecuali jika Anda melakukannya berulang dengan intensitas, durasi yang sama setiap harinya, serta berulang dengan frekuensi sering. Namun itu pun akan berbeda dampaknya dengan melakukan olahraga khusus," tutup Dicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com