Kamis, 31 Juli 2014
Kurangi Makanan Pedas dan Asam Saat Hamil
Kamis, 14 April 2011 | 11:35 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Makan makanan yang asam boleh saja, tetapi jangan berlebihan.

KOMPAS.com - Walau gemar makan makanan pedas dan asam, saat berbadan dua sebaiknya Anda membatasi dan menguranginya. Mengapa? Makanan pedas dan asam memang lezat dan dapat diterima oleh perut yang sedang mual, tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa mengundang diare akibat iritasi lambung. Penyakit yang membuat penderitanya jadi sering bolak-balik ke belakang ini sebenarnya tidak begitu berbahaya. Namun, dampak lanjutan berupa dehidrasilah yang kerap dikhawatirkan.

Bukan berarti ibu hamil tak boleh sama sekali menyentuh makanan pedas dan asam, tentu saja boleh. Yang diperlukan adalah mengatur hasrat yang bergejolak untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Pembatasan ini berlaku juga untuk minuman yang rasanya asam. Terlalu banyak mengonsumsi  minuman asam akan membuat lambung tidak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan perlukaan di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya. Kondisi ini bisa lebih parah pada ibu hamil yang sebelumnya sudah mengidap gangguan lambung (gastritis).

(Tabloid Nakita/Gazali Solahuddin)


Editor :
Dini
BERITA LAIN: