Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sora Aoi: Film "Panas" Itu Masalah Pilihan

Kompas.com - 22/04/2011, 23:09 WIB

KOMPAS.com - Citranya sebagai pemain film "panas" sudah kadung melekat, meskipun Sora Aoi juga membintangi film-film mainstream (bahkan kini juga mulai menyanyi). Saat mempromosikan film Suster Keramas 2 selama tiga hari di Jakarta (Aoi tampil sebagai bintang tamu) pun, Aoi tampak enggan membahas kariernya sebagai bintang "panas".

Namun pada Kompas Female, Aoi menjelaskan mengapa menjadi bintang panas di Jepang tidak begitu dipermasalahkan. Apakah seseorang bermain film serius atau film panas, semuanya hanya masalah pilihan profesi saja. Dalam hal ini, perempuan pemainnya memerani film dewasa karena mereka punya kebebasan dalam memilih jalan hidupnya. Toh, mereka sadar apa yang menjadi pilihan tersebut, lengkap dengan segala risiko dan tanggung jawabnya.

"Masalah kebebasan di Jepang sudah dikenalkan pada perempuan sejak mereka lahir hingga beranjak remaja. Saya pun begitu. Bahwa perempuan memiliki kemerdekaan dalam menggunakan hak-haknya, memang seharusnya seperti itu. Saya sih nggak tahu seperti apa bedanya di negara lain, tapi masalah diskriminasi perempuan itu seharusnya sudah tidak ada," papar Aoi melalui penerjemahnya, saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Kamis (21/4/2011) lalu.

Meskipun memiliki kemerdekaan penuh atas pilihan hidupnya, Aoi tak memungkiri bahwa perempuan Jepang tetap dituntut memegang teguh tradisi budayanya. Misalnya tradisi minum teh, hingga mengenakan pakaian tradisional untuk berbagai kesempatan. Reputasi ini sudah sangat dikenal oleh dunia, dan Aoi bangga dengan berbagai tradisi yang dimilikinya.

"Tetapi apakah semua orang harus seperti itu, tergantung masing-masing orang juga sih. Selama ini kami juga dibesarkan dengan didikan bahwa perempuan harus sopan waktu makan, atau memiliki tata krama. Ini memang menjadi daya tarik dari orang Jepang," tukas Aoi, yang mengaku masih melakukan berbagai tradisi itu hingga sekarang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com