Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Buka Rekening Tabungan Anak di Bank

Kompas.com - 30/04/2011, 19:53 WIB

KOMPAS.com - Program Bank Indonesia, "Ayo ke Bank" bebas diterjemahkan industri perbankan melalui beragam cara. Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengimplementasikan program ini dengan mengajak anak dan orangtua menabung di bank. Salah satu caranya mengedukasi keluarga dengan talkshow bersama pakar mengenai pentingnya perencanaan keuangan. Selanjutnya, menggencarkan produk tabungan BRI Junio untuk anak di bawah 17 tahun.

BRI Junio hadir sejak 2009 dan menyasar anak usia TK, SD, SMP dan SMA. Selain mengedukasi orangtua mengenai pentingnya merancang keuangan bersama anak, produk tabungan untuk anak ini juga menarik daya minat dengan tampilan kartu ATM menarik. Tabungan BRI Junio, yang merupakan produk bundling dari tabungan BRI Britama, hadir dengan karakter kesukaan anak, Superman, Tweety, serta Tom & Jerry.

Untuk anak di bawah usia 17, orangtua perlu mendampingi dalam pembukaan rekening tabungan ini. Artinya, pemegang rekening yang dicantumkan adalah nama orangtua. Namun untuk kartu ATM sesuai karakter yang diinginkan anak, bisa dicantumkan nama anak tersebut. Sementara, bagi anak di atas 17 tahun, yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk, bisa mendaftarkan namanya langsung sebagai pemilik rekening.

Untuk meningkatkan animo anak dalam menabung, karakter Tom & Jerry dihadirkan langsung oleh BRI di Jakarta. Pertunjukkan Tom & Jerry masih akan berlangsung hingga 1 Mei 2011 di Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan. Selain hiburan menarik, BRI Junio juga membuka bank mini, yang menjadi sarana simulasi anak dalam membuka rekening tabungan di bank. Anak diajarkan cara membuka rekening tabungan dan proses menabung di bank. Anak akan berkenalan dengan teller atau customer service yang membantunya selama menabung di bank.

"Pengemasan tabungan anak ini lebih melibatkan emosi anak, dengan dilengkapi berbagai fasilitas kemudahan dan menarik bagi anak. Dengan pembukaan rekening sebesar Rp 500.000, nasabah BRI Junio mendapatkan fasilitas seperti personal accident dengan minimal saldo Rp 500.000, potongan harga di tempat wisata. Karena bundling dengan tabungan BRI Britama, orangtua juga bisa menambahkan saldo anak dengan fitur automatic funds transfer. Selain juga fitur baru yakni Installment Saving Junio, yang memudahkan orangtua dan anak dalam merencanakan keuangan untuk anak, seperti menyiapkan pendidikan anak atau liburan bersama anak," jelas Muhamad Ali, Sekretaris Bank BRI di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com