Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bilang Saja Jika Tak Nyaman Bermesraan

Kompas.com - 09/05/2011, 18:58 WIB

KOMPAS.com - Pasangan suami istri punya karakter berbeda. Sebagian pasangan merasa nyaman menunjukkan kemesraan di depan umum. Namun, tak sedikit juga suami atau istri yang merasa kikuk jika tiba-tiba pasangan memeluknya di tempat umum.

Sebenarnya wajar saja, jika pasangan ingin menunjukkan rasa cintanya kepada Anda di depan banyak orang. Namun, bagi yang tak terbiasa dengan perlakukan seperti ini, kok rasanya tak nyaman. Apapun alasan pasangan, jika perlakuannya di tempat umum membuat Anda tidak nyaman atau risi, Anda berhak menolak. Tapi sebelum menolak, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

* Jangan terang-terang menolak.
Lakukan penolakan namun jangan terang-terangan melakukannya di depan umum. Sebab, tindakan ini akan membuat pasangan merasa tersinggung. Perilaku terang-terangan menolak seperti ini melukai harga diri pasangan.

* Hindari sikap memojokkan.
Kenali dulu apa penyebab pasangan Anda melakukan perilaku mesra di tempat umum. Jika tindakan menunjukkan kemesraan adalah bagian dari kebiasaannya, Anda harus membicarakannya baik-baik. Jangan terlalu menyalahkan dirinya dan jangan menggurui.

* Buat kesepakatan.
Ajaklah pasangan berdiskusi tentang norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat sehubungan dengan kemesraan. Buatlah kesepakatan, mana yang bisa dilakukan di depan umum dan mana yang boleh dilakukan di area pribadi, misalnya di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com