Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Berinvestasi? Tentukan Tujuannya

Kompas.com - 13/05/2011, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perencana keuangan, Ligwina Poerwo-Hananto, menyebutkan, jika masyarakat mau berinvestasi, tentukan dulu tujuan finansialnya.

"Yang saya pertama kali lakukan menentukan tujuan finansialnya ke mana, baru pilih investasinya yang mana," tutur Ligwina kepada Kompas.com seusai mengisi acara diskusi di Indonesia Banking Expo 2011 di JCC, Jakarta, Jumat (13/5/2011).

Menurut dia, untuk pilihan investasi jangka pendek dengan durasi di bawah 5 tahun adalah tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang. "Kalau kita mau masuk ke produk reksadana terproteksi juga bisa, atau obligasi, ori, sukuk, juga masih bisa," tuturnya mengenai pilihan investasi lainnya untuk jangka pendek.

Sementara pilihan investasi jangka panjang, atau di atas 5 tahun, ia menyarankan produk reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap. "Di atas 15 tahun, baru reksadana saham," sebutnya.

Namun, ia juga menyebutkan, pilihan ini dapat tergantung dari karakter orang yang mau berinvestasi. "Ada orang yang agresif, di atas 10 tahun, sudah bisa masuk reksadana saham," ungkapnya.

Untuk itu, ia kembali menegaskan, tujuan untuk berinvestasi itu penting diketahui sejak awal. Baru setelah itu menentukan berapa tahun investasi dan jenis investasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com