Jumat, 1 Agustus 2014
Pentingnya Makan Yogurt Dua Kali Sehari
Minggu, 15 Mei 2011 | 22:49 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Bakteri baik pada yogurt akan menyeimbangkan jumlah bakteri jahat di dalam mulut.

KOMPAS.com - Yogurt mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain baik untuk pencernaan, yogurt juga menyehatkan kulit. Karenanya, yogurt perlu dimasukkan dalam menu harian, sebagai makanan utama maupun camilan.

Dr Ira Indriasari dari Klinik Ira Skin Care dan Slimming menyarankan, yogurt sebaiknya dikonsumsi satu atau dua kali sehari. Yogurt bisa diasup sebagai sarapan atau sebagai camilan. Takarannya, 200 miligram per sekali makan, tambahnya. Yogurt, kata dr Ira, aman dikonsumsi siapa saja, termasuk penderita maag atau intoleransi laktosa. Yogurt juga mengandung sejumlah nutrisi dan serat tinggi.

"Yogurt mengandung asam laktat, inilah yang membuat penderita maag (asal bukan maag akut), aman mengonsumsi yogurt karena tak berbahaya bagi lambung. Yogurt juga bisa menggantikan susu bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa. Artinya yogurt bisa menggantikan asupan susu. Bagi yang tak telalu suka buah dan sayur, asupan serat bisa digantikan dengan yogurt yang berserat tinggi," jelas dr Ira kepada Kompas Female di sela perayaan tiga tahun Sour Sally di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/5).

Mengapa tubuh butuh yogurt?
Yogurt mengandung protein tinggi. Zat gizi lain yang penting untuk tubuh juga terdapat dalam yogurt, sebut saja karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, serta vitamin.

"Yogurt memang tidak mengandung vitamin C, namun kaya kandungan vitamin B6 dan B12," jelas dr Ira.

Dengan berbagai kandungan zat gizi tersebut, yogurt tak hanya menyehatkan pencernaan dan berdampak pada kesehatan kulit. Yogurt, jika dikonsumsi 400 miligram per hari, bisa membantu menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jika merasa belum terbiasa makan yogurt setiap hari, setidaknya Anda perlu mencoba mengonsumsi rutin tiga kali seminggu.

"Yogurt mengandung asam laktat yang mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa, sehingga mengaktifkan enzim laktase. Jika enzim pencernaan ini lebih sehat, dengan mengonsumsi yogurt, BAB lancar, dan ini memengaruhi kondisi wajah. Vitamin yang terkandung dalam yogurt juga penting untuk kesehatan kulit, yang membantu aktivasi kolagen lebih bagus, inilah yang membuat yogurt bisa mempercantik kulit termasuk kulit wajah," tutupnya.


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa
BERITA LAIN: