Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Kiwi Cepat Masak

Kompas.com - 16/05/2011, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Saat belanja buah di supermarket, boleh jadi Anda, di sengaja atau tidak memilih buah yang belum masak sempurna. Di sengaja, karena Anda mungkin ingin menyimpannya lebih lama sebagai stok buah di rumah. Namun di saat Anda membutuhkan buah tersebut, seperti kiwi, yang kaya vitamin C, ada cara sederhana yang bisa dilakukan agar buah matang lebih cepat.

Kiwi merupakan salah satu buah yang rasanya menyegarkan. Buah ini tak hanya nikmat dimakan langsung. Namun juga bisa digunakan sebagai bahan utama es buah, atau topping frozen yogurt untuk sarapan pagi Anda.

Buah kiwi semakin mudah ditemui di pasar swalayan. Jika buah kiwi yang Anda beli ternyata belum masak, ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat prosesnya. Namun Anda membutuhkan buah lain untuk melakukan proses pematangan buah secara alami ini.

Siapkan kantong kertas, buah apel atau pisang untuk proses pematangan buah kiwi. Caranya, masukkan buah kiwi dalam kantong kertas bersama apel atau pisang. Anda bisa membuat sendiri kantong kertasnya. Bungkus dengan rapi dan ikat. Biarkan selama satu malam. Gas etilena yang dikeluarkan pisang atau apel, bisa membuat buah kiwi matang lebih cepat.

Nah, buah kiwi matang ini kaya manfaat. Makan buah kiwi setiap hari, masukkan dalam daftar 5-10 porsi buah yang perlu diasup per hari. Buah kiwi tak hanya kaya vitamin C, namun juga vitamin E. Satu buah kiwi memberikan asupan sekitar 95 persen angka kecukupan vitamin C setiap hari. Kandungan vitamin ini dapat meningkatkan kolagen untuk menghaluskan kulit. Selain menguatkan jaringan penghubung, juga melembabkan permukaan kulit sehingga kulit tampak mulus dan cerah.

(dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com