Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Pakai Sampo dan Kondisioner

Kompas.com - 19/05/2011, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Produk perawatan rambut dan kosmetika rambut kini menjamur. Namun tidak banyak produk yang menyertakan edukasi kepada penggunanya tentang cara menggunakan produk dengan benar. Akibatnya, konsumen yang semula berharap rambutnya akan sehat, dengan menggunakan produk tertentu, justru mengalami masalah kulit kepala karena salah menggunakan produk.

Masalah yang paling sering dialami adalah ketika menggunakan kondisioner. Hingga kini masih banyak konsumen yang tidak mengerti bagaimana menggunakan kondisioner. Bahkan pemahaman akan sampo dan cara menggunakannya pun masih banyak yang belum paham betul.

Dokter Hendra Wong, Kepala Bagian Penyakit Kulit Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) mengatakan, fungsi sampo hanyalah untuk membersihkan. Sedangkan kondisioner untuk membantu melembabkan rambut.

"Setelah menggunakan sampo sebaiknya rambut langsung dibilas. Tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa sampo harus didiamkan sebelum dibilas. Sedangkan kondisioner memang harus didiamkan beberapa menit setalah diaplikasikan. Tujuannya untuk memberi waktu kepada kutikula rambut menyerap kandugan yang terdapat dalam kondisioner," jelas dr Hendra saat temu media bersama Clear di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Vitamin atau kandungan lain pada sampo sudah dirancang agar meresap saat sampo diaplikasikan, sehingga tidak butuh banyak waktu untuk didiamkan. Setelah merasa cukup bersih, sebaiknya cepat dibilas.

"Kecuali untuk medicated shampoo yang diberikan berdasarkan resep dokter. Sampo jenis ini biasanya untuk penanganan pasien yang kulit kepalanya kronis. Penggunaan jenis sampo ini memang harus didiamkan agar obatnya meresap ke dalam sisik kulit kepala yang sudah menebal," tutur dr Hendra yang juga adalah Ketua Himpunan Ilmuwan Kosmetika Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com