Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Gemar Baca Lewat Lomba Mendongeng

Kompas.com - 21/05/2011, 18:11 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com--Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang akan mengadakan lomba mendongeng di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel) guna meningkatkan budaya gemar membaca.

Lomba yang akan berlangsung pada 23 Mei 2011 itu akan diikuti para peserta khusus ibu-ibu rumah tangga.

"Lomba mendongeng bertujuan meningkatkan budaya gemar membaca dan upaya meningkatkan pemberdayaan perpustakaan sebagai tempat belajar," kata Tarmizi, Ketua Pelaksana Kegiatan Lomba di Pangkalpinang, Sabtu.

Selain sebagai ajang promosi perpustakaan, lomba dimaksudkan untuk mendekatkan perpustakaan ke masyarakat agar program mencerdaskan bangsa dengan gemar membaca tercapai.

Selanjutnya, lomba bercerita dengan peserta Sekolah Dasar (SD) kelas 4 dan 5 dengan tema cerita rakyat asli Babel, lomba pengelolaan perpustakaan sekolah yang diikuti 16 SD inti dan 16 SD imbas se-Pangkalpinang dan lomba menulis artikel tentang perpustakaan untuk umum.

"Pelaksanaan lomba diharapkan berlangsung rutin setiap tahun dengan tujuan memacu perkembangan budaya membaca dan peningkatan mutu pengelolaan perpustakaan," katanya.

Dengan kegiatan lomba diharapkan peran perpustakaan sebagai pusat layanan informasi dan pembelajaran dapat memberikan andil dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia mengatakan, aneka lomba bertujuan mengembangkan budaya membaca dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga terwujud masyarakat yang berwawasan luas dan kreatif.

"Dengan membaca, menulis dan bercerita diharapkan terjadi peningkatan SDM dan dapat mendukung pembangunan seiring pesatnya perkembangan jaman," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan lomba mengambil tema ’Melaui lomba kita tingkatkan minat dan budaya baca dalampemberdayaan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat’.

Sementara juri akan diambil dari para praktisi dan budayawan muda seperti Willy Susanto, Saat Toyib, Iwan Novi, Rico Ariputra dan Ninik Lestari.

"Akan diambil enam pemenang dari tiap-tiap cabang lomba, para juara akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com