Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplemen Andalan agar Cepat Hamil

Kompas.com - 02/06/2011, 15:50 WIB

KOMPAS.com — Mengonsumsi suplemen ternyata tidak hanya penting pada saat Anda sedang hamil. Pada saat akan berencana punya anak pun Anda sudah perlu minum suplemen yang tepat. Apalagi jika kondisi Anda telah lama berusaha memiliki anak dan belum juga berhasil. Para pakar pengobatan alami memberikan beberapa saran jenis suplemen yang dapat membantu Anda cepat hamil. Ketahui jenisnya dan juga sumber alaminya.

Magnesium
Mineral yang satu ini dapat menjaga area tuba falopii tetap sehat sehingga perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur menjadi lebih lancar. Apabila Anda menjalani program bayi tabung, kondisi tuba falopii yang prima dapat meningkatkan keberhasilan program. Carolyn Dean, MD, ND, salah satu penulis The Yeast Connection and Women's Health, menyarankan mengonsumsi magnesium sekitar 750 miligram (mg) per hari. Mineral ini dapat diperoleh secara alami pada rumput laut, kakao, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Minyak ikan

Ahli nutrisi holistik, Sally Kravich, MS, CNHP, merekomendasikan minyak ikan (dengan tambahan 800 mg EPA dan 500 mg DHA per hari) untuk menyeimbangkan hormon dan merangsang pertumbuhan otak bayi yang sehat.

Asam folat
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, wanita yang mengonsumsi asam folat dalam dosis yang direkomendasikan sejak satu bulan sebelum hamil dan selama trimester pertama kehamilan dapat mengurangi risiko neural tube defects (NTD) pada bayinya hingga 50-70 persen. Asam folat terdapat dalam sayur-sayuran berwarna hijau tua, seperti bayam, buah-buahan keluarga jeruk, kacang-kacangan, dan asparagus. Anda juga bisa mendapatkannya melalui suplemen khusus.

(Dari berbagai sumber)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com