Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Kate Menandingi Michelle Obama

Kompas.com - 03/06/2011, 15:29 WIB

KOMPAS.com — Gaya busana dengan padu padan khas ala Duchess of Cambridge Catherine dan first lady Amerika Serikat Michelle Obama menjadi referensi penampilan banyak perempuan. Terusan atau gaun yang dikenakan keduanya selalu sukses menarik perhatian dunia. Tak hanya itu, pilihan gaya busana Catherine dan Michelle juga berdampak pada industri fashion. Tak sedikit perancang, rumah mode, atau toko fashion yang mengalami peningkatan penjualan berkali-kali lipat karena pengaruh kedua perempuan penikmat fashion ini.

Catherine dan Michelle dikenal sebagai pribadi yang gemar padu padan busana. Busana merek ternama buatan desainer terkenal dipadukan apik dengan busana yang bisa dibeli siapa saja. "Gaya busana mereka terjangkau sehingga bisa ditiru siapa saja. Itulah sebabnya, banyak orang yang ingin berbusana seperti mereka," kata Leah Chernikoff dari Fashionista.com.

Selain gaya busana yang bisa diadopsi semua kalangan, pengaruh Catherine dan Michelle terhadap industri fashion juga tinggi. Namun rupanya, pengantin baru dari kerajaan Inggris, Catherine, menandingi pengaruh Michelle terhadap industri fashion dunia. Dengan kata lain, penampilan Catherine lebih "menjual" dibandingkan Michelle.

Sejak pertunangan Catherine dengan Pangeran William, busana apa pun yang dikenakannya laku terjual di pasar hanya dalam hitungan menit. Bukti teranyar adalah busana rancangan Reiss Shola yang dikenakan Catherine saat bertemu Michelle dalam kunjungan kenegaraan di Inggris.

Terusan rancangan Reiss Shola terjual habis dan mulai dipasarkan di eBay dengan nilai tinggi sekitar 1.000 dollar. Pengunjung situs web Reiss juga membeludak hingga 200 persen. Pengaruh serupa juga pernah ditimbulkan dari gaya busana nyonya Obama. Saat tampil di Tonight Show pada 2008, Michelle mengenakan busana berlabel J Crew. Dampaknya, trafik situs web J Crew membeludak 64 persen hingga akhirnya tak dapat diakses.

Terusan Shola bukan satu-satunya pencapaian Catherine dalam menandingi gaya busana Michelle Obama. Sejumlah terusan yang dikenakan Catherine nyaris laku dalam satu hari. Sebut saja terusan Reiss Nannete yang dikenakan Chaterine di foto pertunangannya, atau terusan biru berlabel Zara yang dikenakannya sehari setelah hari pernikahan. Terusan biru Issa yang dikenakan Catherine saat pengumuman pertunangan juga laris manis di industri fashion.

Catherine memecah rekor
Bukan hanya momentum dan jumlah busana yang dikenakan Catherine sehingga membuatnya berhasil menandingi Michelle. Catherine juga memecah rekor lama waktu menyebar pesonanya sebagai ikon fashion.

Sebagai perbandingan, Michelle membutuhkan waktu tiga tahun untuk membangun citra gaya busana, sehingga bisa memengaruhi fashion dunia. Sedangkan Catherine, tak butuh satu tahun untuk mengukir namanya sebagai ikon di industri fashion.

Bagaimanapun, pilihan gaya busana Michelle dan Catherine menjadi sumber inspirasi. Kedua perempuan ini tak sungkan bergaya dengan busana yang bisa dibeli di mal oleh siapa saja, hingga busana rancangan khusus desainer ternama. Berbeda dengan ikon fashion Perancis Carla Bruni-Sarkozy, yang hanya mengenakan satu label busana, Dior, pada setiap pakaian yang melekat di tubuhnya. Michelle dan Catherine memiliki kesamaan, mengombinasikan couture dengan busana ready to wear yang terjangkau oleh berbagai kalangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com