Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kriteria Si Rambut Pendek

Kompas.com - 06/06/2011, 18:59 WIB

KOMPAS.com - Katakan "Ya" pada potongan rambut pendek jika Anda memenuhi sejumlah kriteria atau karakter berikut ini:

Menyukai tatanan rambut praktis
"Jika Anda menyukai hal yang praktis, maka potongan rambut pendek paling cocok untuk Anda," kata Director Hair salon Shunji Matsuo, Hisato Suzuki.

Proses perawatan rambut pendek pun sangat mudah dilakukan, karena tidak memerlukan waktu lama untuk mencuci dan mengeringkannya. Melakukan pewarnaan rambut pun menjadi lebih cepat, sehingga Anda tak perlu memberikan perhatian yang terlalu intensif untuk memeliharanya. Namun, memiliki rambut pendek, bukan berarti jauh dari masalah rambut. Anda tetap perlu melakukan perawatan rutin, treatment khusus minimal satu bulan sekali.

Rambut pendek juga akan terlihat lebih "berantakan" dalam waktu singkat karena berkesan cepat panjang dan perlu di trim ulang setiap dua atau tiga bulan sekali supaya potongan tetap rapi.

Rambut tergolong rapuh dan tipis
Osmond Kitrana, hairstylist dari salon Johnny Andrean menyarankan, "Rambut yang tipis dengan potongan pendek akan kelihatan menarik jika dibuat mengembang dengan teknik pengguntingan rambut ber-trap dan layer bersusun. Rambut akan terlihat lebih tebal. Cara penataannya juga bisa dengan model ombak yang besar agar nampak lebih ber-volume."

Ia juga menganjurkan untuk rutin melakukan perawatan rambut damage therapy untuk rambut rapuh. Treatment tersebut tidak hanya membuat rambut lebih lentur, namun juga dapat mengembalikan vitalitas batang rambut sehingga tidak mudah patah.

Karakter rambut halus
Rambut yang halus umumnya lemas dan susah diatur. Jenis rambut ini sulit mengembang sehingga berkesan tipis dan lepek. "Pada rambut yang halus bisa diterapkan cutting gaya apa saja, tetapi akan terlihat lebih bagus kalau potongan rambut pendek yang dipilih. Bisa ditambahkan sedikit layer agar terlihat shape-nya," ujar Hisato.

Wajah berbentuk oval

"Oval adalah bentuk wajah yang ideal. Guntingan model panjang, medium, ataupun pendek sekalipun tetap cocok diaplikasikan," ujar Irwan Rovani Doke, Hair Designer dari salon Irwan Team. "Namun, jika ingin membuat aksen agar terlihat lebih fashionable dengan rambut pendek, maka tambahkan poni yang dibuat lebih atraktif dengan sedikit sentuhan highlight," jelasnya.

Bentuk wajah mungil

Irwan juga menyarankan, "Untuk wajah yang mulus dan mungil, seperti Sharon Stone atau Halle Berry, akan terlihat lebih menarik dengan cropped style, digunting dengan model short layer atau gradasi pendek." Hisato juga sependapat, "Ya, short layer cocok untuk yang berwajah mungil, dan akan menjadikannya lebih cantik jika diberikan hair coloring yang sedikit terang."

Rambut beruban
Uban tidak hanya tumbuh karena faktor umur, bisa juga karena penggunaan produk mengandung bahan kimia yang merusak kulit kepala. "Jika rambut sudah mulai berubah, sebaiknya jangan memotongnya bertingkat, karena akan membuat uban Anda menjadi kelihatan lebih jelas," ujar Hisato. "Untuk menyiasatinya, sebaiknya menerapkan gaya rambut bob dan melakukan recolor pada rambut, tetapi tetap seusai dengan bentuk wajah dan tone kulit," tambah Osmond.

Memiliki kepribadian tegas
Rambut pendek sangat cocok untuk orang yang berkarakter kuat. Potongan rambut pendek akan membuat wajah lebih menonjol. Rasa percaya diri Anda akan menghasilkan kharisma yang lebih terpancar melalui potongan rambut pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com