Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Kalori Lebih Cepat dengan Olahraga Ini!

Kompas.com - 08/06/2011, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda memang gemar "bergerak", sebenarnya ada banyak jenis olahraga individual maupun berkelompok yang bisa Anda pilih. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimalnya dalam membakar kalori, coba simak perbedaan macam-macam olahraga tersebut di bawah ini.

Lari atau berenang?
Pilih: Berenang
Saat berenang, seluruh otot tubuh Anda bergerak, begitu kata pakar olahraga. Karena dilakukan di dalam air, Anda juga akan memperkecil terjadinya benturan atau hentakan pada sendi. Namun bila tujuan Anda berolahraga adalah untuk membakar kalori, lebih baik Anda memilih olahraga yang membuat Anda lebih "berkeringat, seperti lari. Berlari dengan kecepatan 11 km/ jam selama satu jam bisa membakar hampir 700 kalori. Sedangkan bila Anda berenang 45 meter per menit, "hanya" akan membakar 550 kalori dalam satu jam.

Bersepeda atau inline skating?
Pilih: Bersepeda
Bersepeda ke kantor dengan kecepatan sekitar 19 - 22 km/ jam selama satu jam akan membakar 560 kalori. Sedangkan bila Anda ber-inline skate, Anda akan membakar 60 kalori lebih sedikit, alias 500 kalori. Bedanya tidak cukup berarti? Oke, Anda bisa memilih mana yang Anda suka saja. Namun, pastikan kecepatannya selalu sama.

Frisbee atau voli pantai?
Pilih: Voli pantai
Ini olahraga yang asyik dilakukan saat berlibur ke pantai. Saling melempar frisbee akan membuat Anda banyak berlari di atas pasir yang berat. Namun permainan ini hanya akan membakar kira-kira 208 kalori per jam. Bandingkan dengan voli pantai, yang dalam satu jam bisa membakar sekitar 484 kalori.

Kayaking atau surfing?
Pilih: Kayaking
Anda senang bermain air? Baik kayaking maupun surfing baik untuk melatih otot inti dan lengan Anda. Meski begitu, berperahu kayak dapat membakar sekitar 346 kalori dalam satu jam. Sedangkan surfing hanya akan membakar sekitar 208 kalori.

Hiking atau menunggang kuda?
Pilih
: Hiking
Menunggang kuda sebenarnya baik untuk melatih otot inti. Tetapi selain olahraga ini belum populer, pembakaran kalori yang terjadi selama satu jam hanya sekitar 270 kalori. Bandingkan bila Anda menapaki jalanan sendiri seperti saat hiking. Anda bisa membakar 400 kalori dalam waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com