Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Indonesia lewat Koleksi Streetwear

Kompas.com - 10/06/2011, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Gaya patriotis lagi nge-hype saat ini. Apalagi sejak kesebelasan Indonesia berhasil masuk ke final AFF Suzuki Cup 2010, Desember lalu. Kaus dan jaket kesebelasan Indonesia lantas jadi seragam anak muda di Indonesia.

Untuk menunjukkan nasionalisme seperti ini, kini Anda tak perlu lagi tampil dengan kaus kesebelasan (apalagi bila Anda bukan penggemar sepakbola). Anda bisa mengenakan koleksi streetwear dari DAMNI! I Love Indonesia (D!ILI) yang bertema Archipelago Camouflage. Koleksi dari brand milik Daniel Mananta ini menawarkan rancangan desain yang dinamis dan bergaya urban.

Sesuai namanya, koleksi pakaian pria dan wanita ini terinspirasi dari keindahan pulau-pulau di Indonesia. Pulau-pulau ini dipadukan secara acak dengan warna-warna berbeda, dan akhirnya menghasilkan corak kamuflase yang unik. Penentuan warna untuk setiap pulau mewakili keindahan indonesia. Warna hijau, misalnya, melambangkan tanah air yang subur dengan berbagai jenis spesies tumbuhan. Biru adalah posisi Indonesia yang terletak di antara dua samudera, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sedangkan kuning dan magenta mencerminkan warna-warni keanekaragaman kesenian budaya Indonesia.

Seri Archipelago Camouflage ini antara lain terdiri atas jaket dengan hoodie dan t-shirt berlengan sesiku (untuk pria), serta atasan, baju terusan, dan vest (untuk wanita). Corak kamuflase hanya ditempatkan sebagai aksen di berbagai sisi busana, sehingga tidak terlalu mencolok. Hal ini juga bisa dilihat pada koleksi D!ILI sebelumnya, yaitu Urban Batik, dimana ornamen-ornamen batik ditempelkan di beberapa bagian saja dari pakaian.

Karena motif kepulauan atau batik tersebut hanya menjadi aksen, koleksi ini akan cocok untuk mereka yang ingin menunjukkan rasa cinta pada Indonesia namun tak ingin terlihat terlalu etnik. Perpaduan desain motif yang unik dan model baju yang urban ini menghasilkan koleksi yang dinamis, berani, dan beda.

Berminat mendapatkannya? Archipelago Camouflage Series dapat diperoleh di seluruh concept store D!ILI, yaitu di The Other Culture (fX Senayan), Level One (Grand Indonesia Shopping Town), dan Manekineko (Episentrum Walk).

Sumber: DAMN! I Love Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com