Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Variasi Bubur Havermut

Kompas.com - 13/06/2011, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Sarapan dengan bubur havermut bukan cuma menyehatkan, tetapi yang terutama sangat mudah dibuat. Kreasikan bubur havermut buatan Anda hingga tak terasa membosankan.

Bubur havermut sederhana
1. Umumnya bubur havermut dibuat manis dari campuran gula dan susu cair. Dari resep sederhana ini saja, Anda sudah bisa mencipta berbagai tampilan. Misal dengan susu dan tanpa susu. Dengan gula pasir atau gula merah (gula palem).

2. Tambahkan irisan pisang tanduk atau pisang ambon pada bubur havermut sederhana tadi. Khusus untuk pisang tanduk, kukus lebih dahulu.

3. Kombinasikan bubur havermut sederhana tadi dengan tambahan sagu mutiara. Untuk bubur versi ini, lebih baik dibuat sangat encer.

4. Masak havermut gaya sederhana di atas dengan tambahkan kismis. Biarkan rasa asam kismis terasa juga di dalam bubur havermutnya.

5. Taburkan cornflake atau coco crunch di atas bubur havermut agar rasanya makin nikmat.

Bubur havermut asin
6. Bubur havermut asin bisa dibuat dari kaldu ayam atau daging atau susu. Tentu tak perlu memakai gula. Ayam atau daging ikut dimasukkan dalam bubur ini agar gizinya lebih lengkap lagi.

7. Tambahkan sayuran seperti wortel, buncis, ayam, atau brokoli ke dalam bubur agar bubur makin sehat.

8. Bila suka rasa yang gurih, bubur havermut dapat ditambahkan parutan keju cheedar di atasnya atau dimasak di dalam bubur.

9. Bubur havermut yang asin juga bisa diberi toping cornflake. Taburkan menjelang disajikan agar rasa cornflake masih renyah.

10. Pecahkan telur di atas bubur yang baru saja meletup-letup. Aduk agar telur matang dan merata.

(Sedap/Semy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com