Sabtu, 1 November 2014
10 Pilihan Sarapan Praktis yang Sehat
Selasa, 14 Juni 2011 | 15:08 WIB
|
Share:
shutterstock

Tambahkan sayuran dalam omelet agar si kecil sarapan lengkap gizi.

KOMPAS.com - Liburan sekolah semakin dekat. Saatnya anak-anak menikmati waktu senggang bersama keluarga dan teman-temannya. Namun tetap pastikan anak-anak tak melewati sarapan. Bahkan ibu bisa membuat sarapan praktis yang mudah dimasak, sehat, kreatif, lezat, bikin anak berselera dan berenergi.

1. Ayam goreng
Chicken drumstick pasti disukai anak-anak bukan? Nah, bikin ayam goreng yang berbeda. Panirnya bukan hanya dari tepung terigu, tetapi ada tambahan havermut atau sereal.

2. Nugget
Anak-anak jatuh cinta setengah mati dengan nugget. Coba membuat sendiri nugget untuk sarapan anak. Membuat nugget sendiri memang tampak rumit, tetapi sebetulnya Anda bisa membuat sekaligus dalam jumlah banyak. Lalu simpan di lemari es dan bisa dikeluarkan sewaktu diperlukan. Buatlah nugget yang sehat. Caranya, buat pure bermacam-macam sayuran seperti brokoli, wortel, bayam. Sayuran rebus yang diblender ini bisa dicampur dengan daging ayam. Jadi, terciptalah nugget ayam brokoli, nugget ayam wortel, atau nugget ayam bayam. Sehat bukan?

3. Nasi bakar
Kalau hari sebelumnya Anda membuatkan anak-anak nasi uduk, ambil sebagian. Keesokan harinya, bungkus nasi uduk dan tambahkan kemangi atau tumisan apa saja yang ada. Misal, tumisan oncom dengan teri. Tumisan ayam dengan sayuran. Bungkus lantas oven hingga menjadi nasi bakar yang nikmat.

4. Nasi goreng bungkus
Coba buat nasi goreng tanpa kecap yang warnanya putih. Isinya bisa potongan ayam dan potongan wortel dan buncis. Setelah jadi, bungkus dengan telur dadar. Lubangi tengahnya dalam motif hati atau bentuk lainnya.

5. Pizza
Beli saja kulit pizza yang siap pakai. Oles dengan saus tomat. Kalau ada, oleskan saus spageti siap pakai. Tata bahan yang ada, seperti daging asap, ayam giling, jamur, paprika, bayam, atau brokoli. Taburkan keju.

6. Nasi dalam bambu
Si kecil paling kesal kalau dibekali nasi bukan? Nah, bikin mereka tetap menyukainya dengan membuatkan nasi dalam bambu. Gunakan bambu betung. Isi dengan nasi uduk atau nasi kuning yang sudah dibubuhi ayam, udang, dan sayuran. Mereka pasti bangga membawanya ke sekolah. Masak nasi, ayam, dan sayuran dalam rice cooker bersama santan, salam, serai, dan garam. Praktis sekali.

7. Roti gulung
Bekal roti bisa jadi sangat biasa. Tapi coba ubah tampilannya. Misalnya, dengan menggulungnya. Isinya bisa sangat variatif. Misal, keju dan sosis. Pilihan lain, mesis dan pisang, atau selai cokelat dan pisang. Kalau mau komplet, selipkan letus pada isi-isi roti asin.

8. Omelet
Telur selalu menyelamatkan ibu dalam menyiapkan sarapan, karena praktis dan bergizi. Namun coba kreasikan telur agar anak berselera makan. Isi omelet dengan ayam giling, sayuran, dan keju. Omelet bisa dimakan dengan tambahan nasi atau kentang goreng.

9. Mi saus bolognaise
Anak-anak gemar makan mi. Nah, karenanya bekali anak dengan mi yang sehat. Buatkan mi sehat seperti mi bolognaise yang dibuat dengan banyak tomat. Tambahkan sayuran seperti wortel atau bayam. Karena terkesima dengan mi, anak-anak takkan menghiraukan sayuran yang dicampurkan di dalamnya.

10. Scrambled
Jangan hanya jago membuat scrambled polos. Lengkapi gizinya dengan menambahkan susu, keju parut, bayam, wortel, atau jamur ke dalam orak-arik telur ini. Masukkan juga scrambled egg ke dalam roti croissant agar semakin lengkap gizinya.

(Sedap/Semy)


Editor :
wawa
BERITA LAIN: