Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Penampilan Sukseskan Wawancara Kerja

Kompas.com - 15/06/2011, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Saat Anda menerima panggilan wawancara kerja, selain mental dan kepercayaan diri, penampilan juga penting diperhatikan. Penampilan fisik, bagaimana pun penting, menjadi daya tarik dan memberikan nilai tambah. Perhatikan penampilan Anda, tak perlu berlebihan namun jangan juga tampil terlalu biasa saat wawancara kerja.

Louis Licari, pakar kecantikan memberikan saran berpenampilan yang tepat untuk wawancara kerja.

1. Rambut
Tata rambut sama pentingnya dengan pakaian yang Anda kenakan saat melakukan wawancara kerja. Penampilan pada rambut yang terpenting adalah kebersihan dan tata rambut sederhana. Jika rambut terlalu panjang atau berantakan, sebaiknya potong rambut Anda. Hindari gaya rambut yang terlalu ekstrem. Potongan rambut atau tata rambut juga sebaiknya tidak menutupi wajah Anda.

Licari menyarankan, sebaiknya di hari yang sama sebelum wawancara, pergilah ke salon langganan untuk blow dry. Jika rambut Anda terlanjur sudah diwarnai, pastikan warna rambut terlihat natural.

2. Make-up

Aplikasi make-up untuk wawancara kerja sebaiknya tetap menonjolkan kecantikan wajah secara alami. Tata rias wajah sebaiknya ringan dan transparan. Hindari aplikasi eyeliner berat atau smoky eyes. Lipstik juga sebaiknya tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Pilih tata rias sederhana, natural, namun tetap menunjukkan sentuhan make-up, tidak terlalu polos.

3. Kuku

Kesehatan kuku juga penting diperhatikan. Lakukan manicure sebelum wawancara kerja. Namun sebaiknya hindari perawatan kuku dekoratif yang berkesan playful. Pastikan saja kuku sehat terawat, namun tetap memberikan kesan formal. Menggunakan cat kuku masih dibolehkan, bahkan dengan tren warna tahun ini seperti ungu atau turquoise, saran Licari.

4. Parfum

Parfum memang meningkatkan kepercayaan diri Anda, namun jangan menggunakan aroma yang terlalu berat atau menyengat. Jangan sampai orang yang mewawancarai Anda terganggu atau bahkan merasa pusing dengan aroma parfum Anda. Jika khawatir wangi parfum terlalu menyengat, paling aman pakai saja deodoran.

5. Pakaian

Posisi yang Anda lamar untuk pekerjaan baru menentukan jenis busana yang akan dikenakan saat wawancara kerja. Pilih busana sesuai dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut. Gaya konservatif dengan jas atau jaket, celana panjang, rok dan kemeja paling aman dipilih. Kuncinya, jangan memilih gaya busana yang berkesan flamboyan atau terlalu trendi.

Jika bagian tubuh Anda bertato, sebaiknya pilih pakaian yang menutupi tato tersebut. Jika pakaian tak menutupi tato, aplikasikan make-up untuk menutupi tato sementara. Cara ini sebagai langkah antisipatif saja, karena kesan pertama turut menentukan ketertarikan perusahaan terhadap Anda.

Terakhir, melangkahlah dengan penuh keyakinan, kepercayaan diri, dan jangan pernah lupa untuk tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com