Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedekatan Ibu Pengaruhi Komitmen Anak Saat Dewasa

Kompas.com - 30/06/2011, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Pernah menjalin hubungan dengan pria yang tidak kunjung memberi tanda-tanda ingin lanjut ke tahap serius? Menurut studi terbaru yang dimuat pada jurnal Psychological Science, masalah sulit menjalin komitmen ternyata bisa berasal dari pola asuh yang ia terima saat masih kecil dan remaja.

Para peneliti menemukan, anak-anak balita yang diasuh dengan baik oleh ibu mereka cenderung tumbuh menjadi orang yang berkomitmen terhadap hubungan pada saat dewasa. Begitu juga jika pada saat remaja mereka telah belajar bagaimana menyelesaikan konflik dengan baik. Sementara, anak-anak dan remaja yang tidak dapat melalui fase ini dengan baik cenderung sulit untuk memasuki tahap lebih serius saat sedang menjalin hubungan dengan lawan jenisnya.

Ternyata, menurut peneliti, kedua pengalaman di atas ini secara tidak langsung mengajarkan anak dan remaja apa itu komitmen. Rasa aman yang dialami anak-anak membuatnya menjadi lebih mudah mencintai orang lain. Sedangkan pada para remaja, keberanian menghadapi konflik membuatnya tumbuh sebagai pribadi yang tidak gampang lari dari kenyataan, termasuk pada saat hubungannya diterpa masalah pelik.

"Anak yang tumbuh bersama ibu yang dapat diandalkan, akan belajar untuk mengelola kebutuhannya sendiri dan membangun empati terhadap orang lain. Sementara dengan menghadapi konflik, para remaja akan belajar juga bagaimana supaya bisa didapat solusi yang bisa memuaskan kedua belah pihak," kata M. Minda Orina dari St. Olaf College, yang juga juru bicara dari Association for Psychological Science.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com