Kamis, 24 April 2014
Memahami Karakter Melalui Tulisan Tangan
Senin, 4 Juli 2011 | 08:42 WIB
|
Share:
shutterstock

Tulisan tangan Anda menggambarkan karakter dan potensi diri.

KOMPAS.com - Mengenal dan memahami kepribadian penting. Dengan memahami karakter diri, Anda bisa memaksimalkan potensi, mengetahui kekuatan diri, melihat kekurangan untuk diperbaiki. Untuk mengenal karakter diri dan bisa mengasah potensi, tulisan atau bahkan coretan tangan Anda bisa menjadi alatnya.

Profesional Analis Tulisan Tangan, Mita Rosette Taufik mengatakan analisa tulisan tangan menjadi cara sederhana, praktis, dan cepat untuk mengetahui karakter dan potensi diri. Dengan begitu seseorang terbantu untuk mengenali pola komunikasi yang tepat. Pada akhirnya, seseorang bisa mengenal orang lain lebih baik.

"Saat seseorang menulis ia didorong oleh alam bawah sadarnya. Tulisan tangan bisa menjadi alat untuk mengetahui potensi apa yang belum keluar. Seringkali kecerobohan menghilangkan potensi. Kecerobohan yang sudah ada dari alam bawah sadar ini bisa dikenali dari tulisan dan bisa diperbaiki. Caranya, dengan memperbaiki bentuk huruf dalam tulisan tangannya," jelas Mita dalam talkshow di acara Pasar Nova, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Graphology bermanfaat untuk berbagai hal. Selain mengenal karakter dan potensi, analisa tulisan tangan juga bisa menganalisa penyakit dalam diri seseorang. "Tulisan yang bergetar pada titik-titik tertentu bisa menganalisa penyakit," jelas Mita, menambahkan graphology juga bisa mengatasi stres dan depresi.

Sejumlah cara disebutkan Mita dalam menganalisa karakter dari tulisan tangan:

Tulisan miring ke kanan
Perhatikan tulisan tangan Anda. Jika tulisan tangan Anda cenderung miring ke kanan, karakter Anda di antaranya memiliki cara berpikir cepat, kurang sabar, dan kurang mampu melakukan perencanaan.

Tulisan miring ke kiri
Sebaliknya, jika tulisan tangan Anda cenderung miring ke kiri, Anda  termasuk orang yang mengandalkan logika. Segala sesuatunya serba terencana dan harus masuk akal. Namun Anda cenderung menarik diri, mengambil posisi aman.

Tulisan kecil dan bulat
Jika tulisan tangan Anda cenderung kecil, bulat, dengan huruf-huruf tertata rapi, Anda cenderung lebih memerhatikan diri sendiri. Anda cenderung melakukan sesuatu untuk diri sendiri.

Tulisan naik turun
Anda pernah belajar menulis sambung, dengan model tulisan naik turun? Tulisan tipe ini mengandung makna kepatuhan, konvensional, kurang inisiatif, kata Mita.

Tulisan huruf besar
Tulisan dengan huruf besar menandakan si penulis cenderung membutuhkan pengakuan dari orang lain. Orang tipe ini cenderung suka dipuji.

"Apapun hasil analisa tulisan, fokusnya adalah tetap pada kekuatan dalam diri. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri. Namun untuk mengatasi masalah dalam diri,  terapi graphology bisa menjadi pilihan cara," tutur Mita, menambahkan setiap orang bisa belajar graphology. Belajar menganalisa tulisan tangan lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dibandingkan dengan hanya berkonsultasi kepada profesional analis tulisan tangan.

Informasi kelas graphology:
Synergia Consulting
mita_rosette@yahoo.com
Telp. (022) 7204974

Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa