Rabu, 17 September 2014
Suntik Vitamin C Bisa Memutihkan Kulit?
Rabu, 6 Juli 2011 | 11:15 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Konsumsi vitamin C sebenarnya dapat dicukupi dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

KOMPAS.com — "Saya pernah membaca artikel yang bilang suntik vitamin C dapat memutihkan kulit. Benarkah? Sebenarnya, apa manfaat suntik vitamin C? Tolong jelaskan juga golongan vitamin C yang efektif dan frekuensi pemakaian yang aman." (Ida Nurulhuda, via e-mail)

Menurut dr Shahnaz Nadiayusharyahya, SpKK, dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, salah satu fungsi vitamin C adalah antioksidan. Namun, hal itu sampai sekarang belum terbukti secara ilmiah dapat memutihkan kulit. Lewat suntikan, vitamin C bisa diberikan dalam dosis tinggi tanpa menyebabkan iritasi lambung. Ini bedanya dengan pemberian secara oral. Namun bila dilakukan oleh orang yang tidak kompeten dan tidak sesuai prosedur, suntikan apa pun dapat menimbulkan emboli (penyumbatan pembuluh darah).

Konsumsi vitamin C yang dianjurkan adalah 40-90 mg per hari, yang sebenarnya dapat dicukupi dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sumbernya dari sayur dan buah-buahan segar. Asupan vitamin C yang berlebihan dapat menyebabkan diare, dan gangguan pada ginjal bila dikonsumsi dalam jangka panjang.


Editor :
Dini
BERITA LAIN: