Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumis, Cara Masak Praktis dan Lezat

Kompas.com - 07/07/2011, 09:16 WIB

KOMPAS.com - Menumis adalah teknik memasak sayur yang paling mudah. Selain praktis, rasa masakan tetap lezat dan gizinya tidak akan hilang karena proses memasaknya sebentar, yaitu 5-10 menit saja. Sayangnya, tak semua tahu cara menumis yang benar. Nah, tips berikut bisa Anda praktekkan.

1.  Pakailah sedikit minyak, kalau perlu semprotkan di pinggir wajan (penggorengan) supaya minyak yang dipakai tidak berlebihan.
2.  Cara mengetes apakah minyak sudah panas atau belum, cukup masukkan sendok kayu ke dalam minyak. Apabila minyak mengeluarkan gelembung-gelembung di sekeliling sendok kayu berarti suhu minyak sudah panas dan bisa dipakai.
3.  Jika bahannya banyak, maka sebaiknya yang ditumis pertama kali adalah bumbu iris atau bumbu halus. Tumis hingga harum, baru masukkan bahan lain seperti ikan, udang, daging, dan tunggu sampai berubah warna.
4.  Gunakan api sedang, terutama bila bumbu halus memakai gula, supaya tidak cepat gosong.
5.  Jika menggunakan sayuran, masukkan terlebih dulu sayuran yang agak keras, seperti wortel, pepaya, atau labu siam. Sementara untuk bahan sayuran daun, masukkan sesaat sebelum tumisan diangkat.
6.  Hidangan tumis cenderung lebih kering, namun Anda boleh menambahkan air atau kaldu untuk mematangkan sayuran. Kalau air terlalu banyak, hidangan yang Anda buat bukan tumis atau cah, melainkan sup atau sayur.
7.  Sajikan tumisan sesegera mungkin, supaya rasanya lebih lezat dan sayuran masih segar.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat hidangan di rumah buat keluarga tercinta? Ingat, yang Anda butuhkan hanya wajan dan sodet. Mari menumis!

(Tabloid Nova/Nuraini W.)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com