Sabtu, 20 September 2014
Kiat Menutrisi dan Merawat Mata
Senin, 11 Juli 2011 | 13:17 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Fungsi kacamata hitam lebih kepada perlindungan untuk mata. Pilih yang warnanya tidak membuat mata lelah.

KOMPAS.com - Sayangi mata Anda dengan perawatan menyeluruh. Karena yang terjadi seringkali mata luput dari perhatian, tak seperti perhatian pada rambut atau kulit wajah misalnya. Ada sejumlah perawatan dari dalam dan luar yang bisa Anda lakukan untuk mata.

Nutrisi
Untuk kesehatan mata, dibutuhkan asupan nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan E. Nutrisi lain yang juga diperlukan adalah lutein, zeaxanthin, dan lycopene omega 3. Wortel, bayam, kol, tomat, dan telur kaya akan kandungan sejumlah nutrisi ini.

Perawatan luar
Selain nutrisi, mata juga membutuhkan perawatan luar. Untuk memelihara kesehatan mata Anda jalani kebiasaan baik dan hindari sejumlah penyebab risiko gangguan pada mata seperti:

* Kurangi obat mata
Fungsi mata tetap optimal jika perawatan mata tepat, dengan selalu mencermati perkembangan daya lihat dan ketajaman penglihatan. Salah satu kebiasaan yang perlu dicermati adalah penggunaan obat mata berlebihan. Sebaiknya jangan membiasakan memakai obat mata sembarangan. Saat mata merah dan terasa tak nyaman, jangan asal memilih obat mata dan mengaplikasikannya.

"Sebaiknya tidak menggunakan obat mata sembarangan. Kecuali lubrikan berupa air mata tambahan yang memang dibutuhkan saat mengalami kekeringan pada mata. Lubrikan berfungsi melumasi air mata, menambah air mata, dan juga melunturkan kotoran pada mata," jelas opthalmologist dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE, saat diskusi mengenai pentingnya oksigen bagi kesehatan mata & pemilihan softlens, di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, Senin (11/7/2011).

* Pakai lensa kontak yang tepat
Lensa kontak bukan sekadar aksesori mata untuk kebutuhan penampilan. Jangan salah kaprah memilih dan memakai lensa kontak. Pemilihan lensa kontak harus didahului konsultasi dengan ahli (dokter mata atau optometris). Pemilihan bahan lensa kontak yang tepat, terutama daya hantar oksigen yang baik ke kornea mata, perlu dicermati. Selain itu, pengguna lensa kontak juga perlu disiplin merawat kebersihan lensa. Cara pakai dan ritual pemakaian lensa kontak perlu dipatuhi dengan benar.

* Cegah kelelahan mata akibat komputer
Batasi kontak mata terlalu lama di depan layar komputer. Rasanya sulit menghindari penggunaan komputer dari pekerjaan setiap harinya. Agar mata tak lelah di depan komputer terlalu lama, sering-seringlah mengedipkan mata. Tujuannya agar mata tetap basah. Selain itu, sesekali lepaskan juga pandangan mata dari layar komputer agar mata tak cepat lelah.

* Pakai kacamata hitam
Jika Anda sering bepergian dan terpapar langsung dengan sinar matahari, biasakan memakai kacamata hitam. Fungsi kacamata hitam lebih kepada perlindungan untuk mata. Sebaiknya pilih kacamata yang warnanya tidak membuat mata lelah.

* Perlakukan mata dengan baik
Hindari sering mengucek mata, menutupi, memejam, membaca dalam jarak dekat, menyipitkan mata, atau mengernyitkan alis. Kebiasan harian yang kadang disepelekan ini memengaruhi fungsi mata Anda.

* Periksa mata
Mata juga butuh perlakuan istimewa, sama seperti Anda ke salon merawat rambut secara berkala. Konsultasi rutin dengan dokter mata perlu menjadi agenda rutin berkala. Pemeriksaan mata secara berkala ini disesuaikan dengan perkembangan usia.


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
Dini
BERITA LAIN: