Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MEKAR Bantu "Entrepreneur" Cari Investor

Kompas.com - 12/07/2011, 23:07 WIB

KOMPAS.com — Wirausaha sering kali terhambat untuk berkembang karena masalah permodalan. Kehadiran angel investor, individu atau kelompok yang memiliki dana dan bermurah hati mendukung wirausaha, menjadi jawaban dari masalah ini.

MEKAR Entrepreneur Network, unit bisnis sosial dari Putera Sampoerna Foundation, memfasilitasi wirausahawan untuk bertemu dengan angel investor. Tak sedikit jumlah angel investor di Indonesia, apalagi anak muda yang memilih mandiri dengan berwirausaha. Namun, sering kali usaha yang dijalankan mogok di tengah jalan karena kesulitan keuangan.

Kondisi yang paling banyak ditemui dan menjadi rintangan terbesar wirausahawan adalah equity gap, yaitu kesenjangan yang terjadi ketika tabungan pribadi atau dana dari keluarga dan teman tak lagi dapat mempertahankan dan menumbuhkan bisnis. Pada saat yang sama, bisnis tersebut kekurangan jaminan dan jejak rekam yang diperlukan untuk mendapatkan pendanaan institusional atau investasi dari pemberi modal usaha.

Di sinilah peran angel investor yang hadir untuk mengisi kesenjangan (equity gap) dengan berinvestasi. Sebagai kompensasinya, angel investor mendapatkan saham dari usaha UKM tersebut.

MEKAR menjembatani kedua kebutuhan ini, yaitu wirausahawan yang butuh suntikan modal sekaligus bimbingan, serta investor yang punya uang dan pengetahuan untuk berbagi kepada pebisnis pemula.

Akses modal dan pengetahuan
Peran MEKAR adalah menjadi fasilitator kewirausahaan. Fungsi utama yang paling dibutuhkan wirausahawan adalah kesempatan untuk mendapatkan investor. Direktur MEKAR Charles Nagy menjelaskan, sejumlah tahapan perlu dilalui wirausahawan hingga akhirnya mencapai kesepakatan kerja sama dengan angel investor.

"Hal pertama yang dilakukan MEKAR adalah menyebarkan pengetahuan kepada investor dan entrepreneur. Baik investor maupun entrepreneur bisa registrasi tanpa biaya di website MEKAR. MEKAR menyaring entrepreneur dan rencana bisnis yang dibuatnya untuk dipertemukan dengan angel investor yang sesuai. Tahapan dari registrasi hingga mempertemukan investor dan entrepreneur rata-rata butuh waktu 2-3 bulan. Namun, untuk sampai pada kesepakatan final, tergantung pada pembicaraan kedua belah pihak," jelas Nagy dalam acara Journalist Class yang diadakan MEKAR di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Entrepreneur bisa langsung registrasi tanpa biaya di situs web MEKAR. Setelah Anda mendaftarkan rencana bisnis Anda, MEKAR akan membantu menemukan investor yang tepat.

Untuk mendukung wirausaha, dibutuhkan angel investor yang bersedia berbagi. Karenanya, investor juga bisa mendaftar tanpa biaya. Selanjutnya, angel investor bisa melihat-lihat profil bisnis entrepreneur yang ditayangkan melalui MEKAR.

"Untuk entrepreneur, perlu membayar biaya mem-posting rencana bisnis sebesar Rp 1 juta. Rencana bisnis yang di-posting melalui website MEKAR ini nantinya akan dibantu dipertemukan dengan angel investor," jelas Nagy.

Selain akses permodalan, MEKAR juga menyediakan kegiatan rutin bulanan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha, di antaranya seminar entrepreneur berisi pembuatan rencana bisnis yang baik dan menarik bagi angel investor, seminar investor berisi pengenalan ke angel investor, serta networking event, yakni pertemuan wirausahawan dan angel investor.

"MEKAR juga menyediakan jasa coaching membuat rencana bisnis yang baik dengan biaya Rp 2 juta," tambahnya.

Meski baru beroperasi pada Januari 2011, jasa yang diberikan MEKAR mendapat sambutan hangat dari wirausahawan Indonesia. Dalam hitungan bulan, ada empat kesepakatan bisnis yang terjadi antara wirausahawan dan angel investor melalui MEKAR. Kini, MEKAR memiliki 1.223 wirausahawan yang terdaftar, 144 angel investor, dan 293 rencana bisnis.

Informasi:

www.mekar.biz

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com