Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istirahatkan Mata Cegah Stres Saat Kerja

Kompas.com - 13/07/2011, 21:44 WIB

KOMPAS.com  - Penurunan daya tahan tubuh terhadap penyakit juga dipengaruhi kebiasaan Anda bekerja di kantor. Selain faktor cuaca yang tak menentu, daya tahan tubuh menurun karena fisik dan pikiran yang stres. Alhasil, penyakit mudah datang dan produktivitas kerja pun terganggu.

Anda bisa tetap sehat di kantor dengan melakukan beberapa hal sederhana saja. Satu di antaranya mengistirahatkan mata Anda di sela waktu kerja. Karena menatap komputer seharian tanpa mengistirahatkan mata bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Gejala yang paling sering ditemui adalah mata yang lelah. Mata lelah bisa mengakibatkan sakit kepala. Pekerjaan menumpuk dengan sakit kepala menyerang bikin bekerja tak lagi nyaman. Jika hal ini dibiarkan terjadi setiap hari, bisa dibayangkan bagaimana tubuh dan pikiran Anda stres karenanya.

Untuk menghindari kelelahan pada mata, cobalah mengistirahatkannya di sela waktu kerja. Caranya, terapkan aturan 20-20-20 saat memejamkan mata. Aturan ini menganjurkan setiap 20 menit bekerja di depan komputer Anda harus istirahatkan mata paling tidak selama 20 detik. Gunakan waktu 20 detik ini untuk melihat obyek atau benda lain yang jaraknya sekitar 20 kaki atau enam meter dari mata Anda.

Sebaiknya Anda melihat pepohonan hijau. Warna hijau diyakini bisa mengurangi ketegangan otot mata. Jadi, beri waktu mengistirahatkan mata Anda, dengan sedikit berjalan mendekati jendela dengan pemandangan pepohonan hijau.

(Chic/Lily Turangan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com