Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengeratkan Hubungan Keluarga

Kompas.com - 30/07/2011, 09:42 WIB

KOMPAS.com — Sudah bukan pemandangan aneh lagi bila satu keluarga berkumpul, tapi setiap anggota sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Ayah sibuk mengecek laporan kerja di laptop, anak-anak bermain video games, sedangkan ibu asyik Facebook-an di ponsel. Secara fisik mereka berdekatan, tetapi sebenarnya tidak ada kebersamaan secara emosional karena masing-masing sibuk dengan gadget-nya.

Vanda Ratana, Marketing Manager Savory Snack dari PT Kraft Foods Indonesia, menyampaikan, sangat penting bagi orangtua untuk selalu berusaha meluangkan waktu bersama keluarga baik secara fisik maupun emosi yang dilakukan dengan penuh kasih sayang. Sebagai solusi agar kebersamaan dengan keluarga menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu karena bisa dijadikan sebagai medium baik untuk mengembangkan perilaku positif anak, Kraft Kejucake menyosialisasikan kampanye "Delapan (8) Cara Eratkan Keluargaku", yaitu:

1. Mengontrol emosi. Hasil survei yang dilakukan PT Kraft Foods Indonesia terhadap 250 orangtua dan anak di Jakarta mengenai perilaku penggunaan gadget menunjukkan, sekitar 5 dari 10 anak berpendapat bahwa orangtua mereka suka marah. Hindari emosi negatif seperti marah, kesal, dan kecewa ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan Anda. Juga hindari memotong pembicaraan dan menyalahkan anak.

2. Beraktivitas bersama. Hasil survei menunjukkan, satu dari 10 anak merasa dekat dengan ayah, dan 3 dari 10 anak merasa dekat dengan ibu. Usahakan untuk meluangkan waktu setiap harinya minimal 15 menit bersama keluarga, misalnya dengan melakukan sarapan, makan malam, ataupun ibadah bersama.

3. Tetapkan aturan. Buatlah aturan ketika keluarga sedang bersama, misalnya telepon atau komputer harus dimatikan dan komunikasi dilakukan secara langsung. Hal ini merupakan bagian dari mengembangkan perilaku disiplin.

4. Lakukan kontak mata. Ketika sedang mendengarkan salah satu anggota keluarga berbicara, berikan tatapan mata dengan penuh perhatian agar anak merasa diperhatikan dan didengarkan. Dengan melakukan kontak mata yang baik sambil memperhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh anak, kita pun dapat memahami perasaan anak kita.

5. Bercerita. Hasil survei menunjukkan, hanya 2 dari 10 orang tua berbagi cerita dengan anaknya. Padahal, aktivitas ini sangat penting untuk membangun kedekatan emosi dengan anak. Mulailah dengan menceritakan perasaan Anda akan apa yang terjadi pada hari itu. Setelah itu, giliran anak-anak untuk bercerita. Jika anak belum mau, hindari untuk memaksakan dan membandingkannya dengan sang kakak atau adik.

6. Simak dan ulangi. Dengarkan anak dengan penuh perhatian dan ulangi kembali pernyataannya sebagai bukti bahwa Anda telah mendengar dengan baik, dan Anda memahami perasaannya. Misalnya, "Jadi Randy merasa kesal karena tadi di sekolah temanmu bilang potongan rambutmu aneh?"

7. Validasi. Hasil survei menunjukkan, sekitar 8 dari 10 orangtua memperbaiki emosi negatif anak. Hindari untuk memperbaiki perasaan anak. Sebaiknya hal yang harus Anda lakukan adalah memvalidasi perasaan anak, misalnya, "Bunda memahami perasaan Randy, dan menurutmu apa yang sebaiknya kamu atau Bunda lakukan untuk membuatmu lebih nyaman?"

8. Pesan positif. Gunakan waktu bersama menyampaikan nilai-nilai positif untuk mengembangkan perilaku positif, membangun kebiasaan baik seperti gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Sumber: PT Kraft Foods Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com