Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Manfaat Pilates untuk Bumil

Kompas.com - 03/08/2011, 10:17 WIB

KOMPAS.com - Kehamilan bukan penyakit, meski memang pada sebagian besar ibu hamil (bumil), kehamilan membuat kondisi tubuh tak nyaman. Jangan tinggal diam dengan kondisi tubuh yang tak nyaman karena mengalami perubahan selama kehamilan. Tetap lah beraktivitas, termasuk berolahraga seperti latihan pilates.

Instruktur privat pilates, Lisa Namuri mengatakan bumil perlu tetap aktif selama kehamilan. Pilates bisa menjadi alternatif olahraga yang aman selama kehamilan, agar bumil selalu aktif dan berbagai masalah tubuh teratasi. Seperti pegal-pegal, kaki bengkak, atau sakit pada pinggang, hingga tubuh yang mudah lelah.

Dalam buku yang ditulisnya, Pilates untuk Kehamilan, Lisa menyebutkan sembilan manfaat pilates untuk ibu hamil:

1. Menjaga berat badan

Saat hamil Anda memang tidak disarankan diet. Namun bukan berarti berat badan tak bisa dikontrol. Latihan pilates bisa membantu Anda menjaga berat badan selama kehamilan. Dengan rutin melakukan pilates, tubuh aktif bergerak sehingga metabolisme terjaga. Alhasil, penumpukan lemak pada tubuh berkurang.

2. Mengatasi tubuh lelah

Gerakan pilates membantu mempertahankan stamina secara aman. Stamina dibutuhkan bumil untuk mengatasi kelelahan saat kehamilan. Bumil cenderung lebih mudah lelah karena kerja organ di dalam tubuh bumil menjadi lebih berat. Karenanya bumil membutuhkan lebih banyak kalori dari biasanya. Bahkan, beberapa ahli menyatakan kalori yang digunakan untuk bumil sama dengan kalori yang digunakan para pelari maraton.

3. Bebas varises, kaki kram dan bengkak

Gerakan kaki saat berlatih pilates akan melancarkan peredaran darah. Pilates melatih otot-otot besar dan otot-otot pergelangan kaki. Karena aliran darah lancar, kaki bebas bengkak dan tidak mengalami kram.

4. Menjaga postur tubuh

Saat hamil, postur tubuh berubah secara alami. Perut yang membesar menggeser titik beban pada tubuh. Perubahan ini berdampak pada sendi dan otot tubuh. Latihan pilates mengimbangi perubahan postur pada tubuh. Dampaknya, tubuh tidak mudah sakit atau pegal-pegal.

5. Mudah mengembalikan bentuk tubuh

Beberapa perempuan tak ingin gemuk karena kehamilan. Kekhawatiran ini bisa diatasi dengan pilates. Kehamilan membuat otot-otot tubuh berelaksasi. Karenanya, selama kehamilan Anda harus tetap mempertahankan performa otot. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil.  

6. Bebas sakit pinggang

Pertumbuhan bayi Anda akan menyebabkan perut semakin membesar. Dampaknya, semakin besar pula bebas yang ditanggung pinggang. Pilates, yang fokus pada latihan kekuatan otot perut, membantu mengurangi beban yang ditanggung pinggang belakang.

7. Menjaga mood

Selama kehamilan, nafas cenderung pendek, langkah semakin berat. Aktivitas sehari-hari, termasuk mood, terganggu karenanya. Pilates membuat anggota tubuh aktif kembali. Pengantaran energi di dalam tubuh akan terjaga berkat pilates, alhasil Anda tetap bugar selama kehamilan.

8. Tidur lebih berkualitas

Biasanya, memasuki trimester ketiga, bumil mulai sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. Latihan pilates secara rutin melancarkan pernafasan dan peredaran darah. Akibatnya, Anda merasa lebih rileks dan nyaman, kualitas tidur pun lebih meningkat.

9. Mengurangi stres pascamelahirkan

Stamina Anda kembali teruji pascapersalinan. Proses kehamilan selama sembilan bulan menguras stamina, begitu pun saat melahirkan. Ibu akan mengalami lelah berkelanjutan sejak kehamilan hingga persalinan jika tak menjaga kebugaran. Gerakan pilates selama kehamilan membantu tubuh aktif dan dinamis. Tubuh pun menjadi bugar, dan Anda lebih siap fisik dan mental menjalani persalinan hingga merawat bayi pascamelahirkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com