Sabtu, 20 September 2014
Aneka Jajanan Buka Puasa di Pasaraya
Jumat, 5 Agustus 2011 | 11:47 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/M01-11

Nasi Begana

KOMPAS.com - Memeriahkan datangnya bulan Ramadhan, Pasaraya Blok M mengadakan Ramadhan Food Festival  yang dibuka tanggal 1 - 29 Agustus nanti. Aneka jajanan untuk berbuka puasa ditawarkan di area lantai dasar, dari aneka kue, kolak, bubur, siomay, ketupat sayur, soto mie, bakso malang, rames padang, dan masih banyak pilihan lainnya.

Banyaknya pilihan menu berbuka puasa ini menggoda banyak pengunjung untuk datang. Selain menikmati langsung sajian manis dan gurih tersebut, banyak juga dari mereka yang membeli untuk dibawa pulang ke rumah. Bahkan, ada juga yang semula hanya ingin melihat-lihat, lalu jadi tergiur untuk membeli sesuatu.

“Awalnya saya hanya lihat-lihat saja, tapi karena ada yang menarik ya saya beli. Nih, saya beli  kolak durian montong,” tutur Diah, salah satu pengunjung, sambil menunjukkan kantong belanjanya pada Kompas Female.

Para penjual memang tak menyia-nyiakan bulan Ramadhan untuk mencoba meningkatkan penjualan mereka. Sebagian dari mereka memang sudah lama berjualan di pusat perbelanjaan tersebut, tetapi sebagian yang lain ternyata hanya berjualan saat festival berlangsung saja. Mereka berharap, setidaknya keuntungan dua kali lipat dari biasanya mereka kantongi saat akhir pekan. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk berbuka bersama keluarga, teman, atau kolega saat weekend.

“Saya berjualan di sini sejak tahun 1997. Setiap tahun saya memang mengikuti kegiatan ini. Biasanya sih setiap harinya sekitar 100 gelas kolak durian montong terjual,” ujar Sutrisno, salah satu penjual kolak durian.

Bubur sumsum atau biji salak juga merupakan salah satu menu favorit berbuka, dan Noersiyah Saimoen, penjual aneka bubur, punya pengalaman manis dari berjualan di area ini setiap tahunnya.

“Biasanya kalau weekend rame, pembeli sampai harus antri panjang. Saya biasa menjual sekitar 50 gelas, dan bisa mencapai dua kali lipatnya kalau weekend,” ujarnya sumringah.

Ramadhan Food Festival ini jelas membawa keuntungan bagi penjual, sekaligus memberikan alternatif jajanan pembuka puasa bagi pengunjung. Anda ingin tahu jajanan apa saja yang menjadi andalan di sana?

Kolak durian montong
Sajian kolak sebagai menu pembuka memang sudah menjadi ciri khas saat bulan Ramadhan, mulai dari kolak pisang, kolak nangka, atau kolak ubi. Tapi pernahkah Anda mencoba kolak durian montong?

Sajian kolak ini menggunakan durian segar yang dicampur dengan ketan putih, lalu disiram kuah durian (campuran santan gula dan buah durian) yang lezat. Rasanya manis dan legit, cenderung disukai karena memiliki aroma khas durian yang harum. Ketika sampai di lidah, cita rasa ketan yang gurih langsung terasa. Satu porsi kolak durian montong bisa Anda nikamati hanya dengan harga Rp 20.000.

Ketupat sayur padang
Potongan ketupat disajikan dengan sayur nangka muda yang gurih dan pedas. Kemudian, sajian ini masih ditambah rendang dan taburan kerupuk kanji merah yang menggoda selera. Satu porsi ketupat sayur padang dijual seharga Rp 20.000.

Aneka bubur manis
Bubur manis didominasi oleh rasa manis, sehingga menjadi menu favorit untuk berbuka. Contohnya bubur kacang ijo, biji salak, atau bubur makassar (palu butung), yang merupakan adonan palu butung (campuran santan kental, tepung terigu, gula, sari panda,n dan tambahan pisang raja), lalu disiram santan dan sirup merah ketan hitam. Ada pula singkong thailand (singkong yang dipresto dengan campuran tepung maizena dan santan).

Jika Anda yang suka makanan yang dingin, Anda juga dapat mencampur aneka bubur tersebut dengan es batu. Mau mencampur aneka bubur tersebut menjadi satu juga boleh. Harganya tetap, Rp 15.000 semangkuk.

Nasi begana
Nasi putih  yang disajikan dengan lauk-pauk seperti tumis wortel dan buncis, oreg tempe, potongan semur telur dan ayam, lalu ditaburi serundeng sebagai penambah rasa gurih. Penyajiannya nasi ini sangat unik, yaitu dibungkus daun pisang dengan kedua sisinya disemat dengan lidi. Dengan harga Rp 10.000 Anda sudah dapat menikamati satu porsi nasi begana ini lengkap dengan lauk-pauk di dalamnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
M01-11
Editor :
Dini
BERITA LAIN: