Kamis, 24 April 2014
Mimpi Gigi Tanggal, Apa Artinya?
Kamis, 25 Agustus 2011 | 08:37 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Interpretasi mimpi dapat dihubungkan dengan hal-hal yang Anda pikirkan kala sedang terjaga, sehingga maknanya dapat lebih mengena pada kondisi Anda.

KOMPAS.com — Sering kali Anda akan terbangun di malam hari karena mengalami mimpi yang aneh. Penasaran juga melanda, ingin tahu apa sebenarnya arti mimpi Anda itu. Menurut ahli, interpretasi mimpi dapat dihubungkan dengan hal-hal yang Anda pikirkan kala sedang terjaga sehingga maknanya dapat lebih mengena pada kondisi Anda.

"Banyak ahli yang menggunakan mimpi untuk memahami apa yang sedang berkecamuk dalam pikiran seseorang," kata Deirdre Barrett, PhD, psikolog sekaligus penulis buku The Committee of Sleep: How Artists, Scientists, and Athletes Use Dreams for Creative Problem-Solving – and How You Can Too, and Trauma and Dreams. Berikut adalah tiga mimpi yang paling sering dialami dan apa maknanya.

1. Gigi tanggal
Kepercayaan lama mengatakan, kalau Anda bermimpi gigi tanggal berarti Anda atau orang lain yang dikenal akan sakit atau meninggal. Selain itu, mimpi ini juga dapat diinterpretasikan bahwa Anda memiliki intuisi yang kuat tentang hal tertentu, tetapi Anda tidak dapat menjelaskannya atau hal itu terasa tidak masuk akal.

"Perasaan inilah yang terbawa hingga tidur sehingga Anda akan cenderung menggerakkan mulut seperti akan menggigit sesuatu. Ini menandakan Anda sedang melawan intuisi tersebut," jelas Barrett.

2. Telanjang di depan umum
Mimpi seperti ini menandakan Anda sedang memiliki masalah dengan rasa malu. "Bermimpi tampil di depan orang banyak tanpa berpakaian atau dengan busana sangat minim termasuk paling sering terjadi," kata Barrett.

Namun, yang perlu diperhatikan saat menginterpretasikannya adalah seberapa minim pakaian Anda dan seberapa besar rasa malu yang Anda rasakan dalam mimpi tersebut. Dari situ, Anda akan mengetahui seberapa sensitif diri Anda terhadap rasa malu dan norma kesopanan.

"Ada orang yang bisa bermimpi berjalan tanpa busana dan orang-orang seperti tidak memperhatikannya, lalu dia pun hanya sedikit merasa malu akan hal itu," kata Barrett lagi. "Namun, ada juga orang yang bermimpi keluar rumah tanpa alas kaki, lalu mereka merasa sangat malu."

3. Jatuh dari ketinggian
Ada perbedaan antara mimpi terjatuh dari tempat yang tinggi dengan merasakan sensasi jatuh. Jika Anda merasa ada sensasi seperti terjatuh pada saat diri Anda sendiri dalam kondisi transisi dari terjaga hingga tertidur, itu sebenarnya adalah reaksi yang terjadi akibat perubahan di dalam pusat keseimbangan di otak. Mimpi seperti ini dapat dianggap normal.

Sementara, jika Anda bermimpi jatuh dari jurang atau meluncur dari tempat yang tinggi, ini mungkin adalah refleksi dari perasaan negatif dalam diri Anda atau hilangnya kendali. Kecuali, Anda adalah orang yang menekuni olahraga terjun payung atau hobi bungee jumping sehingga mengasosiasikan kejadian jatuh ini dengan kegembiraan, begitu menurut Barrett.

Jadi, bila Anda bermimpi jatuh bebas dari ketinggian, ini berarti Anda kehilangan kendali diri dan mengharapkan sesuatu buruk akan terjadi saat Anda jatuh di bawah.

4. Tersesat di suatu tempat
Anda bisa saja memimpikan hal ini sehari sebelum menempuh perjalanan jauh, karena Anda memang sering terlambat atau hilang arah. Namun, mimpi seperti ini juga bisa menandakan hal lainnya. "Yang lebih mendalam adalah saat bermimpi tersesat, sebenarnya Anda sendiri sedang kehilangan arah dalam hidup dan berusaha mencari jati diri. Atau, Anda ingin menghubungi seseorang, tetapi tidak tahu bagaimana caranya," jelas Barrett.

Penulis :
K32-11
Editor :
Dini