Minggu, 31 Agustus 2014
Mayones Bisa Digunakan sebagai Kondisioner?
Senin, 29 Agustus 2011 | 11:43 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Seringkali, metode perawatan rambut yang dilakukan di rumah hanya merupakan dongeng kuno yang pengaruhnya justru berlawanan dengan rambut Anda.

KOMPAS.com - Waktu kecil Anda mungkin sering dibujuk oleh orangtua untuk memotong pendek rambut Anda, agar rambut tumbuh lebih cepat. Anda tak pernah mendapat penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi, namun karena telah mendengarnya turun-temurun Anda tetap meyakininya hingga sekarang. Namun benarkah demikian?

Seringkali, metode perawatan rambut yang dilakukan di rumah hanya merupakan dongeng kuno yang pengaruhnya justru berlawanan dengan rambut Anda. Karena itu, ada baiknya Anda mencari tahu beberapa mitos perawatan rambut yang bila dilakukan ternyata hanya membuang waktu Anda saja.

Mitos: Mayones bisa digunakan sebagai kondisioner
Fakta: Aroma mayones memang jadi menggiurkan ketika Anda mengoleskannya pada salad atau hidangan lain. Tetapi bayangkan bila Anda mengoleskannya pada rambut, baunya pada rambut tidak akan menyenangkan karena asam. Selain itu, setelah diaplikasikan, rambut Anda akan terasa sangat berminyak dalam waktu lama.

Mitos: Trimming bikin rambut tumbuh panjang lebih cepat
Fakta:
Pada dasarnya, rambut akan tumbuh sepanjang sekitar 1,25 cm dalam sebulan. Untuk membuat rambut Anda terlihat lebat dan bervolume adalah dengan mengatur pola makan. Anda bisa mengonsumsi banyak ikan, daging tanpa lemak, dan telur, untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Kurangi juga penggunaan alat penataan rambut yang menggunakan pemanas, dan menyisir rambut dengan lembut untuk mencegah kerontokan.

Mitos: Mencabut sehelai uban akan memicu tumbuhnya tiga helai uban di tempat yang sama
Fakta
: Karena kepercayaan ini sudah lama sekali Anda dengar, rasanya hal itu memang benar. Namun, butuh waktu tiga bulan bagi sehelai rambut untuk menembus kulit kepala dan tumbuh lebih panjang lagi sehingga bisa terlihat. Sementara mencabut sehelai rambut dari kulit kepala sebenarnya membuat folikel rambut rusak dan menyebabkan rambut mudah rontok.

Mitos: Rambut bercabang bisa disatukan
Fakta
: Rambut yang ujungnya bercabang dan berwarna kemerahan memang terlihat tidak sehat. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunting bagian ujungnya. Mungkin saja ada produk yang mampu menyatukan rambut bercabang dengan membuatnya menempel satu sama lain, tetapi bila tidak digunting ujungnya, rambut akan terus bercabang.

Mitos: Keramas air dingin bikin rambut berkilau
Fakta:
Yang ini boleh Anda percayai. Ketika Anda mencuci rambut di salon, biasanya staf yang bertugas mencuci rambut akan mengakhiri sesi keramas dengan air dingin meskipun sebelumnya ia menggunakan air hangat. Membilas rambut dengan air dingin akan menutup kutikula rambut sehingga memungkinkan helaian rambut merefleksikan cahaya lebih baik.


Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
Dini
BERITA LAIN: