Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Tambahan Sehat ala Farah Quinn

Kompas.com - 05/09/2011, 10:56 WIB

KOMPAS.com - Melalui buku perdananya berjudul Healthy Happy Family, celebrity chef, Farah Fauzan Quinn menuliskan ragam tips dan kiat memasak sehat untuk keluarganya. Bagi perempuan kelahiran Bandung, 8 April 1980 ini, mengeluarkan biaya tambahan untuk menghadirkan hidangan sehat lebih menjadi pilihan. Dibandingkan makan sembarangan, namun berisiko mendatangkan penyakit di kemudian hari.

Salah satu resep sehat keluarga Quinn adalah makanan tambahan dari serbuk pilihan kaya nutrisi. Farah mengakui, dua jenis serbuk ini menjadi kebutuhan wajib untuk ditambahkan dalam berbagai jenis makanan dan masakan. Wheat germ dan ground flaxseed menjadi makanan tambahan mengandung gizi tinggi yang tak ketinggalan dalam masakan dan makanan keluarganya.

"Selama hamil dan hingga Armand lahir, saya selalu menambahkan wheat germ dan flaxseed dalam makanan. Saya juga menambahkannya pada masakan nasi goreng misalnya. Kedua serbuk ini mudah didapatkan di supermarket, seperti Ranch Market misalnya. Memang harganya lebih mahal, namun kandungan nutrisinya tinggi dan baik untuk kesehatan," jelas Farah di sela demo memasak di Tupperware Home, Jakarta beberapa waktu lalu.

White germ
White germ berupa serbuk, merupakan bagian luar gandum yang terbuang dalam proses pembuatan tepung. Serbuk ini mengandung banyak gizi untuk bayi dan orang dewasa. White germ bisa diberikan pada anak usia di atas 8-9 bulan. Tambahkan white germ pada makanan anak, karena serbuk ini mengandung zat besi, asam folat, vitamin E, dan serat.

"White germ sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Tambahkan saja white germ pada makanan, dengan berbagai cara seperti menaburkannya pada buah, makan malam, snack, yogurt, kue dan lainnya. Rasanya juga enak, mirip kacang. Selain itu white germ juga mudah disimpan, cukup letakkan dalam lemari es," jelas Farah.

Ground flaxseed
Serbuk yang satu ini tak kalah nutrisinya dengan white germ. Ground flaxseed juga baik untuk pertumbuhan otak karena mengandung serat tinggi, omega 3, dan omega 6. Ground flaxseed berasal dari biji flax (sejenis rami atau tanaman penghasil serat) yang dihaluskan, bentuknya mirip biji bunga matahari. Cara mengonsumsinya sederhana saja, cukup ditaburkan pada hidangan favorit keluarga Anda.

Nah, jika sulit mendapatkan kedua serbuk tadi, tak perlu khawatir Anda tak bisa mendapatkan kebaikan gizi darinya. Farah menyarankan, Anda bisa mengganti kedua bubuk kaya gizi tadi dengan bubuk bekatul.

Bubuk bekatul adalah sisa penggilingan padi atau gandum yang berasal dari lapisan luar karyopsis beras. Bubuk bekatul kaya vitamin B, vitamin E, asam lemak esensial, serat pangan, protein, oryzanol, dan asam ferulat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com