Minggu, 31 Agustus 2014
4 Trik Memilih Nama Bayi Laki-Laki
Selasa, 6 September 2011 | 16:16 WIB
|
Share:
SHEKNOWS

Mencari nama bayi laki-laki ada triknya.

KOMPAS.com - Calon ayah dan ibu biasanya sibuk mempersiapkan berbagai keperluan jelang kelahiran jabang bayi. Salah satu persiapan yang mulai dilakukan sepanjang kehamilan adalah menyiapkan nama bayi. Bagi Anda yang sudah memeriksakan jenis kelamin bayi dan mendapati kabar bayi dalam kandungan adalah laki-laki, nama apa yang Anda akan berikan untuknya?

Mencari nama anak bukan pekerjaan mudah. Bahkan di Indonesia, ada penyedia jasa khusus untuk merangkai nama bayi, yang membantu orangtua mencarikan nama terbaik untuk anaknya.

Anda dan pasangan juga bisa mencarikan nama terbaik untuk bayi laki-laki. Bahkan, calon orangtua bisa menjadikan kegiatan mencari nama ini sebagai sesuatu yang menyenangkan jelang persalinan. Proses menentukan nama bayi laki-laki lebih sederhana dibandingkan mencari nama untuk bayi perempuan, simak triknya:

1. Buat daftar nama
Butuh waktu untuk membuat daftar nama bayi yang Anda dan pasangan suka. Anda dan pasangan bisa mencari melalui mesin pencari. Setelah melihat-lihat nama bayi melalui buku atau internet, tuliskanlah beberapa nama pilihan Anda.

Tak perlu terburu-buru memilih nama. Berikan waktu pada diri sendiri. Boleh jadi, Anda membutuhkan waktu satu minggu untuk sekadar melihat-lihat nama yang menurut Anda baik dan bagus.

Untuk mencari inspirasi nama bayi laki-laki, kunjungi mesin pencari di internet dengan memasukkan kata kunci "nama bayi laki-laki", atau "nama bayi laki-laki yang unik", bisa juga dengan mencari "nama bayi laki-laki yang eksotik". Atau bahkan Anda bisa mencari inspirasi nama bayi dari "nama bayi  laki-laki selebriti". Mencari nama melalui internet dengan kata kunci yang spesifik bisa memuaskan hati Anda untuk menelusuri nama-nama bayi yang unik dan berbeda dari biasanya.

2. Buat daftar nama utama
Nah, Anda dan pasangan tentunya memiliki daftar nama masing-masing. Sekarang, buat daftar nama utama. Caranya bandingkan daftar nama Anda dan pasangan, cari kesamaannya untuk dimasukkan dalam daftar nama utama.

Anda dan pasangan sama-sama mempunyai hak untuk memasukkan nama favorit dalam daftar nama utama tersebut.

3. Diskusikan
Bersama pasangan, diskusikan nama-nama pilihan dalam daftar nama utama tersebut. Jika Anda dan pasangan memiliki nama belakang, cocokkan nama depan apakah sesuai dengan nama belakang anak Anda nantinya.

Ada anggapan, nama adalah doa. Karenanya, tak ada salahnya mengecek kembali arti dan asal nama tersebut. Saat ini banyak tersedia situs pencari nama termasuk arti dan asal nama. Situs ini banyak membantu Anda menemukan nama terbaik yang memiliki arti positif.

Kategorikan pilihan nama menjadi dua, "suka" dan "sangat suka". Mulailah mencoret nama-nama yang masuk dalam kategori "suka" sehingga tersisa daftar nama dalam kategori "sangat suka".

4. Beri jeda waktu
Diamkan sejenak, jika perlu istirahat lah lebih dahulu sebelum memutuskan menentukan nama anak. Berikan waktu untuk diri sendiri dan pasangan, saling berpikir dan mencerna makna nama tersebut. Berikan jeda waktu dan lakukan aktivitas lain.

Setelah rehat, kembali lagi ke daftar nama dalam kategori "sangat suka". Lalu, Anda dan pasangan, memilih tiga nama yang paling favorit dari daftar ini. Lalu, bernegosiasilah dengan pasangan, nama mana yang lebih tepat untuk anak Anda.


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa
BERITA LAIN: