Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor 10 untuk Nadine di Miss Universe

Kompas.com - 07/09/2011, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Penyelenggara ajang Miss Universe 2011 menerapkan aturan baru. Untuk pertamakalinya, fans kontes kecantikan di seluruh dunia bisa terlibat memilih kontestan secara online untuk masuk 16 besar.

Satu dari 88 kontestan Miss Universe 2011 akan memperebutkan kursi panas di babak semifinal, dengan bantuan suara para fans-nya. Seperti mekanisme pada umumnya, tim juri Miss Universe akan memilih 15 besar dari penilaian selama masa karantina. Namun tahun ini, akan ada satu tambahan kontestan sehingga total akan terpilih 16 besar. Satu tambahan kontestan inilah yang diambil dari pilihan warga dunia melalui Global Fan Vote. Dari 16 besar ini kemudian akan diseleksi menjadi delapan, empat dan akhirnya terpilih satu pemenang Miss Universe 2011.

Panitia akan mengumumkan kontestan yang terpilih melalui Global Fan Vote pada malam final Miss Universe, 12 September 2011, disiarkan langsung oleh NBC dari Sao Paulo, Brazil pukul 21:00 waktu setempat.

Suara untuk Indonesia

Anda juga bisa turut andil memberi suara untuk kontestan Indonesia di ajang Miss Universe 2011, Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames (20), melalui Global Fan Vote Miss Universe 2011.

Caranya, kunjungi website resmi Miss Universe di www.missuniverse.com. Lalu klik Vote for a semifinalist! Kemudian pilih kontestan Indonesia, Nadine Alexandra Dewi Ames, klik Vote. Masukkan email Anda dan lakukan verifikasi dengan menulis kode yang tertera. Pilih skor 10 untuk menunjukkan dukungan penuh terhadap Nadine yang mewakili Indonesia. Klik Submit.

Dengan cara sederhana ini, Anda sudah berperan memberikan dukungan untuk Indonesia di ajang pemilihan dunia.

"Dari satu alamat email, Anda bisa memberikan atau mengirimkan suarta 10 kali dalam sehari," kata Mega Angkasa, Public Relations Manager Yayasan Puteri Indonesia saat temu media di Graha Mustika Ratu Jakarta, Rabu (7/9/2011).

Mekanisme pemilihan ini rupanya baru disampaikan penyelenggara saat kontestan memasuki masa karantina. "Mungkin tujuannya lebih untuk menjaga rasa keadilan. Karena dengan begitu fans dari setiap negara bisa memberikan dukungan berbarengan, saat masa karantina, untuk memberikan suara kepada wakilnya di ajang Miss Universe agar masuk 16 besar," jelas Putri Kuswisnuwardhani, Presiden Direktur PT Mustika Ratu selaku pembina Yayasan Puteri Indonesia.

Putri melanjutkan, pihaknya belum mendapatkan informasi apakah mekanisme seperti ini akan berlangsung rutin setiap tahun dalam pemilihan Miss Universe. Namun pastinya, cara baru dengan mengandalkan internet dan komunitas online ini membuka peluang lebih besar bagi kontestan untuk masuk dalam 16 besar.

Menurut Putri, banyak pemerhati Miss Universe di luar negeri, yang juga memberikan dukungan kepada kontestan yang mereka nilai berkualitas.

"Ada floating voters di luar negeri, yang memungkinkan mendukung kontestan dari negara lain yang dianggap pantas untuk menang. Dengan semakin banyaknya dukungan kepada Nadine, termasuk melalui komunitas online, Nadine bisa dikenal masyarakat luas bukan hanya oleh warga Indonesia, namun juga warga dunia," tandas Putri.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com