Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuri Perhatian Lewat Batik dan Wayang Golek

Kompas.com - 08/09/2011, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Partisipasi Puteri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi Ames (20) di ajang Miss Universe 2011, membawa nama Indonesia di perhelatan yang menyita perhatian dunia ini. Kontes kecantikan yang memasuki tahun ke-60 menjadi ajang promosi budaya dari masing-masing negara. Nadine juga memanfaatkan kesempatan ini. Sejak tiba di Sao Paulo, Brasil pada 20 Agustus 2011, satu hari sebelum masa karantina dimulai, perempuan kelahiran Inggris, 23 Mei 1991 ini aktif mengenalkan Indonesia.

Syal batik yang etnik
Pada acara makan malam mengawali masa karantina Miss Universe, Nadine membagikan syal batik kepada seluruh kontestan. Nadine, melalui perbincangan via skype (Selasa, 6/9/2011 23:30 waktu setempat), bersama Public Relations Yayasan Puteri Indonesia, Pinkan Serafien, menuturkan pengalamannya selama masa karantina Miss Universe.

"Semua kontestan mendapatkan syal batik sebagai hadiah dari saya, mewakili Indonesia. Setiap kontestan yang menerimanya merasa senang. Mereka langsung memakainya dengan gaya masing-masing. Ada yang mengenakannya sebagai aksesori kepala, atau wristband. Mereka antusias menerima syal batik yang etnik," tutur Nadine menyebutkan Miss USA juga Australia, antusias menerima hadiah syal batik darinya, selain juga respons positif dari seluruh konstestan lainnya.

Wayang golek yang unik
Saat acara lelang untuk penggalangan dana, Nadine membawa wayang golek dari Indonesia. Boneka kayu yang dimainkan dalam seni pertunjukan wayang ini mencuri perhatian. Terutama bagi anak-anak jalanan di Sao Paulo, Brasil, sebagai penerima dana hasil lelang yang dikumpulkan Miss Universe 2011.

Nadine berharap, partisipasinya dalam ajang Miss Universe 2011 bisa membawa nama Indonesia di tingkat dunia. Terutama untuk mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia.

"Dengan cara ini, mudah-mudahan beberapa tahun ke depan pariwisata Indonesia bisa terus meningkat. Semakin banyak lagi turis asing yang mengunjungi Indonesia," tutur Nadine, yang mengajak para kontestan untuk mengunjungi Indonesia, seraya membagikan syal batik sebagai suvenir khas Indonesia.

Indonesia, melalui Nadine, membawa misi budaya wayang golek di ajang Miss Universe 2011. Yayasan Puteri Indonesia juga memilih tema "The Beauty of Wayang Golek" untuk busana nasional Puteri Indonesia 2010 di ajang Miss Universe ke-60 ini. Adalah Guruh Soekarno Putra di balik konsep busana nasional wayang golek yang akan dikenakan Nadine pada malam final nanti.

Malam final Miss Universe akan berlangsung pada 12 September 2011, dan disiarkan langsung oleh NBC dari Sao Paulo, Brasil pukul 21.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com