Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Diet Hanya Saat Mau Menikah

Kompas.com - 13/09/2011, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik saat hari penikahannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet ketat agar badan terlihat langsing. Namun, jika menurunkan berat badan semata-mata dilakukan untuk menghadapi pernikahan saja, maka diet Anda akan gagal. Alhasil, setelah hari pernikahan, berat badan Anda pun akan melonjak kembali. Hal berikut adalah yang terjadi jika diet baru dilakukan saat mau menikah, dan bagaimana solusi yang sebaiknya dilakukan.

Lepas kontrol setelah target tercapai
Do: Tetapkan deadline
Yang harus Anda lakukan adalah menetapkan deadline agar mencapai berat badan yang ideal meskipun pesta pernikahan telah berlalu. Dengan melakukan diet hanya untuk pernikahan, kerja keras Anda selama beberapa lama untuk memiliki tubuh ideal akan hilang begitu saja setelah target Anda terpenuhi. Berhati-hatilah, karena justru setelah target Anda terpenuhi, berat badan akan bertambah dari sebelumnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa berat badan 22 persen pengantin wanita meningkat sekitar 9,5 kg hanya dalam waktu setahun setelah menikah. Sebagian besar dari para perempuan ini mengaku hanya termotivasi untuk tampil sempurna saat menikah, namun kurang termotivasi untuk menjaga berat badan setelah masa bulan madu lewat. Untuk menghindari hal ini, berkonsentrasilah untuk menciptakan kebiasaan sehat yang akan bertahan lama setelah hari pernikahan Anda. Tetapkan tujuan untuk menjaga berat badan yang realistis dan tepat untuk tipe tubuh Anda.

Berlatih keras dan lama baru pada saat-saat terakhir
Do: Lakukan olahraga secara rutin

Sesuatu yang dipaksakan pasti hasilnya tak akan baik, begitu juga dengan diet. Hanya akan melelahkan diri sendiri, dan bisa saja Anda akan terserang penyakit karena Anda melakukan diet ekstrim demi mendapatkan tubuh ideal.

Memaksa berdiet dan berolahraga ekstra keras setiap hari secara mendadak bisa membuat Anda justru mengalami cidera, nyeri otot, kelelahan, dan malah meningkatkan nafsu makan. Namun, sebagai langkah yang maksimal, mulailah untuk berolahraga secara teratur. Dengan demikian tubuh Anda pun akan langsing dengan cara yang benar.

Diet yang berantakan
Do: Mengatur pola makan
Biasanya setelah lewat hari pernikahan, Anda cenderung cuek terhadap berat badan dan justru balas dendam karena rasa lapar yang mendera menjelang pernikahan. Hal ini justru dapat membuat diet Anda berantakan, dan berat badan naik. Namun, bijaksanalah untuk mengisi perut Anda dengan aneka makanan yang sehat. Hal ini berlaku pada setiap orang, bukan hanya calon pengantin.

Sebagian besar calon pengantin berpikir bahwa cara yang paling cepat untuk diet adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, bukan berfokus pada jumlah kalori yang dibutuhkan, dan gizinya yang seimbang. Diet ekstrim yang dilakukan ini justru akan mengembalikan tubuh seperti semula, dan bahkan menambah bobot tubuh setelah Anda berhenti diet. Ditambah lagi, diet seperti ini justru akan membuat Anda terserang malnutrisi, hingga kelelahan akut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com