Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Membekali Diri Bekerja di Luar Negeri

Kompas.com - 27/09/2011, 07:26 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara matang  saat merencanakan bekerja di luar negeri. Rhiannon Williamson dalam bukunya Planning to Work Abroad memberikan langkah-langkahnya.

Langkah 1, pelajari negara tujuan
Ini merupakan hal penting yang tak boleh dilupakan. Tak hanya bahasa, ada banyak aspek yang nantinya akan sangat menentukan apakah Anda "cocok" atau tidak, yakni:

* Perhatikan jarak
Status sebagai karyawan menuntut Anda tinggal lama. Jadi, pertimbangkan dulu apakah waktu hingga biaya untuk berkomunikasi dengan kerabat hingga pulang-pergi ke negara asal bisa dengan mudah didapat?

* Beda negara beda cuaca
Hangatnya sinar matahari tentu tak akan terasa bila Anda berkunjung ke negara beriklim dingin. Pastikan tubuh Anda mampu beradaptasi dengan berbagai macam perubahan iklim.

* Perbedaan bahasa
Siap bekerja di negara lain, itu tandanya Anda juga harus siap dengan bahasa ibu di sana. Carilah informasi, apakah menguasai bahasa Inggris  saja sudah cukup. Sebab, mengerti bahasa penduduk sekitar akan memudahkan Anda berinteraksi, mempermudah pekerjaan, hingga mencari bantuan saat membutuhkan.

Langkah 2, prosedur kerja
* Legalitas
Setiap negara memiliki kebijakan bagi warga asing yang bekerja di negara mereka. Sebaiknya, carilah informasi di kedutaan besar dan pelajari terlebih dahulu, sebab ini menyangkut legalitas Anda di sana. Biasanya kedutaan juga menginformasikan lowongan kerja dan beasiswa dari negaranya.

* Kualifikasi diri
Pastikan kalau gelar pendidikan yang Anda miliki dimengerti secara internasional. Namun, banyak lowongan yang lebih mengutamakan skill, seperti chef, desainer, dan lainnya.

* Kelengkapan surat
Ada beberapa persyaratan administrasi yang harus diselesaikan, seperti surat izin kerja dan menetap dari pemerintah setempat, visa, dan lainnya.

* Jaminan keamanan
Bila sudah diterima bekerja dan akan pergi dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mencatat tempat dan nomor penting bila Anda membutuhkan bantuan, seperti SBRI.

Langkah 3, akomodasi
Tak hanya bekerja, sebab Anda akan menjalani hidup baru di tempat baru. Beruntung bila ada kerabat yang tinggal di sana atau perusahaan atau sponsor yang membiayai Anda.

Jika tidak, perhitungkan dulu di mana Anda akan tinggal sekaligus besarnya biaya hidup, termasuk dana cadangan bila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Ada baiknya untuk  tinggal bersama teman yang telah memiliki pengalaman sebelumnya.

(Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com