Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Buka World Batik Summit

Kompas.com - 28/09/2011, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka acara World Batik Summit (WBS) 2011 di Jakarta Convention Center, Rabu (28/9/2011). Presiden hadir bersama istri, Ani Yudhoyono, dan istri Wakil Presiden Boediono, Herawati Boediono, serta para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Pembukaan WBS ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Presiden. Seusai memberi sambutan, Presiden berserta rombongan mengunjungi berbagai stan yang memamerkan batik, buku tentang batik, hingga alat musik tradisional.

Ketua panitia WBS Doddy Soepardi dalam sambutannya mengatakan, WBS sebenarnya sudah dirancang sejak 2007 oleh Yayasan Batik Indonesia. Namun, lantaran terkendala berbagai hal, WBS baru terlaksana saat ini.

Pameran bertema "Indonesia: Global Home of Batik" ini diikuti sekitar 1.000 delegasi nasional dan internasional dari berbagai kalangan, seperti produsen, akademisi, pemasaran, praktisi, desainer, perajin, kolektor, serta penggemar batik. Dari luar negeri tercatat ada 117 peserta dari 11 negara. Melalui pameran ini WBS berharap bisa mengangkat batik sebagai ikon bangsa dan daya tarik wisata Indonesia. Diharapkan, WBS juga dapat menjadi wadah pembelajaran bagi warga dunia untuk mengenali produk batik dan proses membatik secara detil dan mendalam.

Rencananya, WBS akan digelar hingga 2 Oktober 2011 mendatang. Pengunjung yang ingin hadir di pameran ini dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com