Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak "Menangis" Saat Mengupas Bawang

Kompas.com - 07/10/2011, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Memotong bawang merah pasti akan membuat mata terasa pedih, sampai akhirnya mengeluarkan air mata. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari keluarnya air mata ini.

1. Kupas dan potong bawang merah di bawah air mengalir untuk menghilangkan zat yang membuat iritasi  sebelum hal itu dapat bereaksi terhadap mata Anda.

2. Anda juga bisa mendinginkan dulu bawang merah di dalam lemari es selama beberapa jam, sampai bawang tersebut menjadi dingin. Hal ini akan membuat kandungan gas pada bawang menjadi berkurang.

3. Tusukkan satu siung bawang merah utuh pada ujung pisau, kemudian gunakan pisau itu untuk merajang bawang. Biarkan bawang utuh itu tetap di pisau. Dijamin, mata Anda tidak pedih lagi.

4. Menurut The National Onion Association, Anda dapat mengurangi air mata ketika memotong bawang dengan memotong bagian atasnya lebih dulu, kemudian mengupas kulit terluarnya, dan biarkan akarnya utuh. Ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

5. Jika bawang merah termasuk bahan yang sering Anda gunakan saat memasak, rajang saja dalam jumlah yang cukup banyak sekali waktu, lalu simpan dalam container yang tertutup rapat di dalam lemari es. Waktu dan air mata akan dihemat.

6. Cara terakhir dan termudah, beli saja food processor atau pengiris bawang. Pastikan Anda tidak memproses bawang terlalu lama di dalamnya, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka tutupnya untuk memberi kesempatan gas, yang ditimbulkan oleh bawang yang terpotong, mengendap.

(Christina Andhika Setyanti/Dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com