Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1000 Butiran Kristal pada Gaun Miss Indonesia

Kompas.com - 13/10/2011, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Perhelatan Miss World akan segera digelar di London, Inggris, pada tanggal 6 November 2011. Untuk kali ke-7, Indonesia akan mengirimkan wakilnya, Miss Indonesia 2011 Astrid Ellena Indriana Yunadi, untuk mengikuti ajang bergengsi dunia tersebut.

Untuk melengkapi penampilan Ellen -demikian sapaan perempuan asal Jawa Timur ini, sebuah gaun Borneo rancangan Marga Alam pun telah disiapkan. "Gaun ini terinspirasi dari Kalimantan, namun dimodifikasi dengan sentuhan modern," tukas desainer yang juga merancang busana Miss Indonesia untuk Miss World 2009 ini. Sebuah gaun merah panjang yang simpel sengaja dirancang tak terlalu rumit agar bisa menonjolkan aneka ornamen khas Kalimantan yang ada.

"Ornamennya dibuat menyerupai ukiran dari Dayak, dan kelopak-kelopak di gaun adalah motif dari Banjarmasin," tambahnya.

Gaun yang menonjolkan lekuk tubuh Ellen yang langsing ini dibuat dengan bahan sutera Italia yang lembut dan ringan. Proses pembuatan gaun ini memakan waktu tiga bulan, karena hampir 80 persen gaun ini merupakan handmade.

Untuk menambah kesan glamor pada gaun ini, Marga Alam menambahkan berbagai aksesori batu kristal berwarna putih dan kristal Swarovsky berukuran kecil berwarna merah. Batu-batu kristal ini dijahit pada bagian dada, dan di ujung rumbai baju di bagian bawah. "Total ada sekitar 1000 batu kristal yang dijahit di gaun ini. Sengaja tidak menggunakan batuan dari Kalimantan, karena terlalu berat," tukasnya.

Tak ketinggalan, untuk memperkuat kesan Kalimantan pada gaunnya, Marga Alam juga menambahkan aksesori di kepala berupa bulu burung yang dicat berwarna merah. "Mudah-mudahan dengan gaun ini, Miss Indonesia 2011 bisa tampil maksimal dan menjadi Miss World." harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com