Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penganut Vegetarian Bisa Kurang Gizi?

Kompas.com - 14/10/2011, 08:34 WIB

T:
Orang tua saya adalah vegetarian yang hanya mengonsumsi nasi, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Cukup gizikah mereka? Karena ada artikel yang menyatakan bahwa pola makan vegetarian bisa menyebabkan kekurangan vitamin B. Apakah perlu tambahan suplemen vitamin? Terima kasih infonya. (Heri Sucipto, 27, yi_wen_bakti@...)

J:
Dear Heri,
Kecukupan zat gizi pada seorang vegetarian sangat tergantung pada diet vegetarian yang dijalankan. Ada macam-macam diet vegetarian seperti lacto-ovo vegetarian (masih mengonsumsi telur dan susu), vegan (hanya mengonsumsi produk tumbuhan), lacto-vegetarian (masih mengonsumsi susu), dan ovo-vegetarian (masih mengonsumsi telur).

Jika dilihat dari menu yang Heri sebutkan, maka orangtua Heri termasuk dalam diet vegan atau strict vegetarian. Zat gizi yang seringkali kurang terpenuhi pada seorang vegan adalah:
* Protein dengan nilai biologis tinggi, yang banyak mengandung asam amino esensial. Protein jenis ini banyak ditemui pada produk hewani.
* Zat besi
* Zat seng
* Kalsium
* Vitamin B12
* Vitamin D
* Asam lemak omega 3

Pada seorang vegan semua kekurangan zat gizi ini dapat ditambahkan melalui suplementasi vitamin, mineral, dan protein. Untuk mengetahui berapa jumlah yang diperlukan, alangkah baiknya jika bisa dikonsultasikan dahulu dengan dokter keluarga, agar mendapatkan dosis yang sesuai dengan kebutuhan orang tua Heri. Semoga puas dengan jawabannya, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com