Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Mendandani Batita

Kompas.com - 15/10/2011, 09:24 WIB

KOMPAS.com - Mendandani si kecil, termasuk batita, selalu menyenangkan. Dengan sedikit tambahan aksesori, mereka pun tampil semakin gaya. Boleh saja memakaikan aksesori untuk batita. Hanya saja, ketika memilihkan jangan hanya mempertimbangkan estetika. Perhatikan juga kenyamanan dan keamanaan si batita.

Berikut panduan memilih aksesori untuk batita seperti disampaikan Fransisca M, Psi dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia:

1. Pastikan batita suka atau tidak dipakaikan aksesori tertentu. Ini bisa dilihat dari keseharian, kalau dipakaikan bando, ia akan berusaha melepaskannya, tapi kalau dikuncir ia tenang saja, umpama.

2. Jangan memasangkannya terlalu ketat, karena akan menghambat peredaran darah sehingga menyebabkan pening atau gatal saat berkeringat.

3. Kenakan aksesori secukupnya. Menguncir rambut menjadi lima bagian, meski lucu, ini terlalu berlebihan bagi batita.

4. Pilih aksesori yang ukurannya sesuai anatomi tubuh batita. Jepit rambut yang terlalu besar akan menghambat aktivitasnya dan membuatnya terlihat aneh, karena ukuran kepalanya yang masih kecil dan rambutnya sedikit.

5. Selain ukuran, pertimbangkan pula beratnya. Jepit dengan hiasan terbuat dari logam terlalu berat untuk batita dan bisa berbahaya kalau ia sampai terjatuh atau terantuk benda tersebut.

6. Pilih yang terbuat dari bahan katun yang nyaman. Saat ini banyak tersedia aksesori khusus untuk usia batita. Baik desain maupun pemilihan bahannya sudah disesuaikan.

7. Aksesori yang terlalu heboh, misalnya bisa berkedip-kedip atau bling-bling, akan menarik perhatian anak lain. Bisa jadi karena penasaran, temannya main tarik dan menyebabkan si kecil kesakitan.

8. Sebaiknya jangan membelikan aksesori yang terlalu mahal, meskipun orangtua mampu. Di usia ini, anak masih banyak bergerak sehingga aksesori yang dikenakannya seringkali hilang atau tercecer.

9. Pastikan aksesori tidak terlalu kecil atau ada hiasan kecil-kecil yang bisa tertelan anak.

10. Bahan yang digunakan aman untuk anak. Beberapa merek mainan terkenal juga mengeluarkan aksesori untuk anak dengan sertifikasi keamanan bahannya.

11. Tidak ada sisi yang runcing atau tajam pada aksesori. Gelang, kalung, cincin yang terbuat dari kain atau perca lebih disarankan karena aman daripada terbuat dari metal.

(Tabloid Nakita/Marfuah Panji Astuti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com