Selasa, 25 November 2014
Peregangan Sederhana Sembari Bekerja
Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:32 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Peregangan sederhana bisa dilakukan agar badan tetap bugar

KOMPAS.com - Posisi duduk yang terlalu lama pasti bisa menyebabkan rasa pegal. Namun ketika keadaan tak memungkinkan untuk melakukan sedikit peregangan yang berat, tak ada salahnya jika peregangan ini dilakukan sembari duduk di meja kerja.

Jongkok sebelum duduk. Duduk berjam-jam bisa menyebabkan penambahan berat badan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa rata-rata orang obesitas duduk sekitar 2,5 jam per hari dibandingkan dengan orang kurus. Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan kita terserang penyakit tertentu seperti jantung, diabetes, dan kanker usus.

Untuk menghindarinya, lakukan gerakan jongkok sebelum duduk. Berdirilah sekitar 2,5 cm di depan kursi Anda, kemudian peganglah bagian perut Anda. Ambil posisi jongkok seperti posisi saat Anda akan duduk, namun Anda hanya menyentuh bagian belakang kursi, kemudian berdirilah kembali.

"Melakukan hal ini selama 1 menit setiap harinya akan membakar sekitar 50 kalori selama 1 minggu bekerja," ungkap Shirley Archer, pelatih olahraga pribadi dan penulis buku Exercises for the Working Week.

Regangkan pinggang sambil mengetik. Ketika Anda sedang berada di meja kerja, seringkali kita melipat kaki dan membuat saraf tendon di pinggul menjadi lebih pendek. Hal ini membuat pinggang menjadi kaku dan terasa nyeri di punggung. Untuk menghindari hal ini, coba lakukan sedikit peregangan. Saat sedang duduk, tekuk lutut dan tempatkan kaki di lantai. Angkat kaki kanan dan tumpangkan di atas paha kiri, sehingga tubuh bawah membentuk angka 4. Buang nafas sambil bersandar, dan luruskan punggung. Tahan nafas sebanyak 3 kali, kemudian ganti bagian kaki yang lain. Hal ini bisa dilakukan sebanyak tiga kali selama Anda bekerja ataupun melakukan aktivitas di depan komputer.

Peregangan jari kaki. Ketika bekerja, seringkali kita menggunakan sepatu berhak tinggi. Sudah bukan rahasia lagi, jika high heels bisa menyebabkan masalah lutut dan cidera pergelangan kaki. Untuk itu, coba lakukan beberapa langkah untuk meregangkan otot kaki setelah menggunakan high heels. Dalam posisi duduk, rentangkan kaki Anda hingga lutut menjadi lurus. Bayangkan ibu jari kaki Anda adalah sebuah pensil, lalu gunakan ibu jari kaki untuk melakukan gerakan yang membentuk berbagai macam alfabet. Lakukan hal yang sama pada kaki lainnya sebanyak 3-5 kali setiap hari.

Ambil posisi seperti meraih langit-langit. Seringkali Anda merasakan sakit di antara tulang belikat setelah membungkuk beberapa lama di atas keyboard. Dalam posisi ini, tubuh Anda sebenarnya sedang mencoba mengatakan bahwa posisi tersebut buruk untuk Anda, hanya saja Anda mengabaikannya. Cobalah untuk mengangkat kedua lengan ke atas, dan lengkungkan punggung Anda ke depan. Kemudian tarik lengan ke bawah dan regangkan ke depan. Lakukan gerakan ini setiap 20 menit.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: