Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencampur Nasi Agar Tak Bosan

Kompas.com - 21/10/2011, 13:13 WIB

T:
Selama ini saya berusaha mengurangi makan nasi karena karbohidratnya tinggi. Sebagai gantinya saya coba karbohidrat mixed, seperti beras merah, beras jagung, kedelai, kacang hijau, dan biji kacang polong, dan lain-lain. Jumlahnya sedikit-sedikit, dengan harapan enak dimakan supaya tidak bosan dan ternyata enak juga, hanya beras merah saja jadi bosan. Apakah cara ini benar dan sesuai dengan kebututahan gizi? Terima kasih dokter (N. Jamil, nasgazal1@...).

J:
Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas. Pengurangan karbohidrat tidak bisa dilakukan secara ekstrim sampai dalam jumlah yang minimal sekali, karena setiap orang tetap membutuhkan minimal 100 gram karbohidrat dalam makanannya sehari-hari agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Adapun jenis karbohidrat yang terbaik adalah karbohidrat kompleks seperti beras merah atau beras yang berwarna kekuningan (brown rice), roti gandum, pasta, oatmeal, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya Anda tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika dalam sehari Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 1500 kkal, maka karbohidrat dianjurkan sekitar 55-65 persennya, atau sekitar 225 gram. Perlu diketahui pula, dalam 100 gram nasi mengandung sekitar 40 gram karbohidrat. Jadi Anda dapat menyesuaikan kebutuhan karbohidrat dalam menu makanan sehari-hari. Jika Anda mengalami kesulitan, alangkah baiknya jika bisa berkonsultasi dengan dokter yang ada di kota Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com