Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tren Tetap Sesuai Gaya Anda

Kompas.com - 24/10/2011, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Mengikuti tren memang seru, tetapi ingatlah selalu bahwa tidak semua orang cocok mengenakan tren apapun. Yang harus selalu dijadikan pegangan adalah, apakah tren tersebut sesuai dengan usia, bentuk badan, dan terutama karakter Anda. Bagaimanapun juga, ketika sebuah pakaian tampak menarik dikenakan oleh orang lain, belum tentu Anda merasa nyaman memakainya. Sudah sering terjadi orang merasa tidak pede dengan pakaian yang dikenakan, sehingga merasa sangat tidak nyaman memakainya.

Agar Anda bisa tetap mengenakan tren yang Anda sukai, dan tetap terlihat pantas dengan bentuk tubuh dan usia Anda, simak saran-saran dari Lois Joy Johnson, editor kecantikan dan penulis buku The Makeup Wakeup: Revitalizing Your Look At Any Age:

Rok mini
Beruntung bila Anda masih memiliki kaki jenjang yang nampak indah ketika Anda mengenakan rok mini. Itu artinya, Anda masih sangat pantas untuk mengenakannya. Namun, itupun panjang rok yang masih pantas dikenakan di kantor adalah 5 - 7,5 cm di atas lutut. Lebih dari itu, lebih baik dipikir dahulu, apalagi jika Anda memiliki tubuh yang pendek.

Anda akan tampak lebih muda dengan:
Cobalah gunakan gaun terusan pendek. Gaya ini akan lebih baik daripada rok karena dapat membuat tubuh terlihat lebih tinggi dan ramping. Hindari mengenakan gaun yang terlalu longgar atau terlalu ketat. Gaun yang pas di badan atau membentuk A-line akan membuat tubuh akan terlihat lebih proporsional daripada gaun yang menempel ketat.

Parka
Musim hujan yang mulai tiba menjadi kesempatan bagi kita untuk dandan lebih gaya saat ke kantor. Overcoat atau puffer coat (biasa disebut parka, atau jaket kasual) kadang-kadang menjadi pilihan. Namun, hindari parka yang terlalu pendek, serta dengan warna terlalu cerah seperti warna pink, raspberry, peach, atau warna-warna terang lainnya.

Anda lebih terlihat muda dengan:
Memakai parka sepanjang paha dengan warna hitam, lengkap dengan ikat pinggang dan kerah yang besar. Boleh juga Anda menambahkan aksesori seperti sepatu boots hitam, atau sepatu yang maskulin.

Legging
Legging hitam yang tipis akan lebih cocok untuk dikenakan di rumah atau sekadar pergi ke gym, tapi bukan untuk ke kantor atau hang out bersama teman. Legging akan tampak sangat tidak elegan bila dikenakan dengan atasan pendek, karena hanya akan menampakkan bokong dan paha yang besar. Hindari juga penggunaan sepatu kets putih.

Anda akan tampak lebih muda dengan:
Legging hitam yang lebih tebal, atau jegging. Kenakan dengan sepatu boots setinggi pergelangan kaki. Pastikan bokong Anda tertutup oleh atasan Anda.

Stoking
Lupakan sejenak tentang Kate dan Pippa Middleton yang memakai sekarang sedang jadi pembicaraan dengan stokingnya yang transparan warna nude. Begitu pula dengan fishnet (stoking rajutan berjaring) atau opaque (stoking bertekstur) warna kulit. Namun stoking hitam yang transparan masih bisa dikenakan jika Anda memakai LBD dan sepatu hak tinggi.

Anda  akan tampak lebih muda dengan:
Opaque dengan warna gelap yang solid akan membuat kaki si pemakainya terlihat lebih jenjang. Pastikan warnanya senada dengan warna rok dan sepatu Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com