Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Perempuan Berbakat Lesbian?

Kompas.com - 24/10/2011, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Pasti Anda pernah mendengar kisah tentang seorang teman yang tampak sangat mengagumi Angelina Jolie. Ia mengagumi apapun yang dilakukan oleh perempuan dengan enam anak tersebut. Dari kecantikan, keliaran, hingga sifat keibuannya. Sebuah perpaduan yang sungguh tidak biasa. Sedangkan Anda? Hm... diam-diam Anda mengagumi teman perempuan Anda. Anda senang sekali melihat rambutnya yang indah, cara berpakaiannya, atau pembawaannya. Aduh, normalkah saya?

Tenang, hanya karena Anda senaaang... sekali mengamati teman Anda ini, bukan berarti Anda punya bakat lesbian. Sebuah studi yang dilakukan oleh Boise State University mendapati bahwa 60 persen perempuan ternyata tertarik pada perempuan lain, dan 45 persennya pernah mencium teman perempuannya di masa lalu. Artinya, wajar saja Anda juga mengalami ketertarikan pada seorang teman perempuan.

"Perempuan memang didorong untuk dekat satu sama lain secara emosional," ujar Profesor Elizabeth Morgan, peneliti dari universitas yang berbasis di Idaho itu.

Menurutnya, perempuan heteroseksual sering merasakan ketertarikan yang lebih dari sekadar teman kepada perempuan lain. Namun ketertarikan dan persahabatan yang terjadi dapat dibedakan dari hubungan yang sifatnya romantik.

Mungkin Anda akan berpikir, orientasi seksual Anda akan semakin jelas ketika usia Anda bertambah. Ternyata tidak demikian. Ketika usia bertambah, perempuan cenderung merasa kurang yakin mengenai seksualitas mereka, demikian menurut Lisa Diamond, psikolog dari University of Utah.

"Selama ini kita hanya tahu bahwa seksualitas menjadi lebih jelas dan lebih pasti ketika waktu berlalu, dan menganggapnya sebagai suatu tanda kematangan untuk menemukan siapa diri kita. Yang saya lihat ternyata kebalikannya," tutur Diamond.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com