Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Asuransi Pendidikan

Kompas.com - 26/10/2011, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Berbagai peristiwa tak terduga dapat saja terjadi. Karena itulah, kita membutuhkan asuransi. Dari sekian jenis asuransi, kira-kira manakah yang menjadi perhatian Anda? Apakah asuransi jiwa, mobil atau pendidikan? Bisa saja kita memiliki ketiganya sekaligus karena memang sudah menjadi kebutuhan keluarga.   Nah, kali ini kita akan mencoba menyoroti tentang asuransi pendidikan. Sebagai orang yang mungkin masih awam asuransi, Anda bingung bagaimana menghitung dan menyiapkan dana pendidikan anak.

Misalkan Anda adalah pasangan muda dengan seorang anak dan mempunyai penghasilan sebulan hanya Rp 2 juta. Kalau hanya bisa menabung, berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulan?  

Asuransi pendidikan memiliki karakteristik yaitu pengambilan investasi bisa disesuaikan dengan jadwal masuk sekolah anak Anda dan memberikan fungsi proteksi. Ini berarti ketersediaan dana pendidikan anak tetap terjamin meskipun risiko kematian terjadi pada diri Anda.  

Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menawarkan dua kegunaan (dwiguna), yaitu fungsi proteksi dan investasi. Fungsi proteksi akan menanggung risiko kematian atas Anda dengan menjanjikan sejumlah uang tertentu bila Anda mengalami kejadian yang tidak terduga. Uang pertanggungan yang diberikan biasanya telah disesuaikan dengan biaya pendidikan anak Anda dan sudah disepakati di dalam polis.

Asuransi pendidikan akan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang Anda bayarkan. Sebagai ganti pengelolaan uang Anda, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarnya sudah disepakati dalam polis. Jadwal waktu pembayaran disesuaikan dengan waktu sekolah anak Anda.

Jadi bagi Anda yang berpenghasilan rendah, Anda tidak perlu terlalu memaksa diri untuk memiliki sesegera mungkin dana pendidikan dan dana cadangannya. Cobalah untuk membuat pengaturan uang yang sewajarnya. Saat penghasilan bertambah, barulah Anda bisa mengulang perhitungan dan mulai mencari produk asurasi pendidikan yang tepat. (Seno Pramuadji)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com