Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umumnya Pelaku "Bullying" Anak Orang Kaya

Kompas.com - 31/10/2011, 16:51 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait dengan kasus bullying yang terjadi di SMA Negeri 70 Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengusulkan adanya program khusus untuk meningkatkan kepekaan sosial pada para siswa. Mengingat sebagian besar pelaku bullying tersebut adalah anak-anak orang kaya.

"Coba saja diteliti anak-anak yang suka bullying, biasanya anak-anak orang kaya," kata Prijanto di Balaikota Jakarta, Senin (31/10/2011).

Sebelumnya, dia sudah berdiskusi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudhi Mulyanto mengenai masalah ini. Prijanto mengusulkan program sosial dan harus ada pembinaan yang intensif terhadap siswa.

"Coba adakan program untuk mengunjungi tempat-tempat orang yang kurang mampu supaya anak-anak sekolah ini punya rasa empati terhadap sesama," ujar Prijanto.

Dengan kegiatan semacam itu, siswa diharapkan dapat memahami bahwa terhadap sesama apalagi terhadap yunior di sekolah harus tetap bersikap baik. Tindakan bullying yang dilakukan senior terhadap yunior ini hanya akan meninggalkan trauma dan menjadi tradisi karena merasa perlu melakukan hal yang serupa terhadap generasi berikutnya.

"Mata rantai seperti itu harus diputus. Biar anak-anak ini melihat kehidupan di luar dan orang-orang yang kesusahan agar mereka berpikir ulang untuk melakukan aksi bullying," kata Prijanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com