Jumat, 19 Desember 2014
Creambath Sendiri di Rumah, Yuk!
Kamis, 3 November 2011 | 09:01 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Setelah semua diberi krim, lakukan pemijatan secara perlahan pada bagian kepala untuk memberikan rasa relaksasi pada kepala dan untuk melancarkan peredaran darah di kepala.

KOMPAS.com - Creambath merupakan perawatan rambut yang harus rutin dilakukan karena berguna untuk selalu memberikan kilau pada rambut, menutrisi rambut, menjaga kesehatan rambut, serta mencegah kerontokan. Tetapi di saat aktivitas sehari-hari padat atau sedang malas untuk pergi keluar rumah, creambath di rumah bisa menjadi alternatif perawatan di salon-salon ternama. Ikuti tips melakukan creambath di rumah agar hasilnya maksimal.

1. Langkah pertama, pilih krim creambath yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Sekarang krim creambath sudah sangat beragam mulai dari krim ginseng untuk menjaga kekuatan rambut agar tidak rontok, kemiri untuk menjaga kemilau hitam rambut, lidah buaya untuk mempertebal sang mahkota, hingga alpukat dan seledri.

2. Cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Ulangi hingga dua kali untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada rambut. Setelah itu, keringkan dengan handuk kering dan jangan terlalu keras menggosok rambut karena akan membuat rambut mudah rontok. Gunting rambut yang memiliki cabang di bagian ujung rambut.

3. Rapikan rambut dan bagi menjadi empat bagian, setelah itu beri krim di setiap bagian rambut dari pangkal hingga ujung rambut secara perlahan. Setelah semua diberi krim, lakukan pemijatan secara perlahan pada bagian kepala untuk memberikan rasa relaksasi pada kepala dan untuk melancarkan peredaran darah di kepala.

4. Untuk menggantikan peranan steamer yang sering digunakan di salon, ganti dengan handuk yang terlebih dahulu direndam dengan air panas, lalu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Jika rambut Anda kering, cukup 15 menit saja.

5. Setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan air dingin, dan beri sampo yang berfungsi untuk menghilangkan krim creambath secara sempurna, dan bilas kembali dengan air hangat yang berguna untuk membuka pori-pori pada kulit kepala,

Tips:
* Sebelum melakukan creambath sebaiknya gunting kuku-kuku jari Anda yang panjang agar saat pemijatan tidak akan melukai kulit kepala.
* Setelah rambut dibilas pada akhir perawatan, keringkan dengan menggunakan handuk kering, jangan digosok-gosokkan, tetapi ditekan-tekan secara perlahan.
* Jika ingin mengeringkan rambut dengan pengering rambut, usahakan pilih yang berangin sedang (tidak terlalu panas) untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan tidak kering.
* Jangan terlalu sering mengikat atau menjepit rambut karena akan merusak kekuatan rambut dan akan membuatnya stres dan rontok.

(Tabloid NOVA/Wisnu Sulistyanto)

* Ingin mengetahui problema ibu bekerja, tips gaya dan menjaga kebugaran, baca Lipsus Working Mom.


Editor :
Dini
BERITA LAIN: