Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Turun Drastis karena Masalah Emosional

Kompas.com - 08/11/2011, 12:05 WIB

KOMPAS.com -  Atasi masalah emosional dengan tepat, karena jika tidak, anorexia (gangguan makan) bisa mengancam. Inilah yang terjadi pada Rebecca Jones (26) yang menderita gangguan makan sejak belia. Kini, berat badan Jones menurun drastis hingga 32 kilogram, lebih rendah dari berat badan normal anak perempuannya yang berusia tujuh.

Berat badan Jones lebih rendah dari putri semata wayangnya, Maisy (7). Jika melihat keduanya berdiri berdampingan, orang lain akan mudah mengira mereka adalah kakak beradik. Akibat anorexia, ukuran tubuh Jones tak normal untuk perempuan seusianya.

Tidak diketahui secara khusus penyebab anorexia (gangguan makan). Seperti banyak penyakit lain, ini merupakan kombinasi faktor biologis, psikologis dan sosiokultural.  Gangguan makan disebabkan mereka yang terobsesi terhadap berat badan dan makanan yang mereka makan.

Cara keliru atasi masalah emosi
Namun, anorexia nervosa tidak benar-benar mengenai makanan. Ini merupakan cara tidak sehat untuk mengatasi masalah emosional. Seperti yang terjadi pada Jones. Ibu muda ini mengalami gangguan makan sejak usia 11, saat orangtuanya bercerai.

Sejak orangtuanya bercerai, Jones tak mampu mengontrol kebiasaan makan. Berat badannya pun naik drastis hingga 95 kilogram di usia belia. Kepercayaan diri Jones pun terusik. Ia diejek teman-temannya di sekolah. Karenanya, mulai usia 13, Jones mengatasi masalah emosinya dengan mencoba berhenti makan. Alhasil, Jones berhasil menurunkan berat badan, teman-teman memujinya, dan keluarga tak melihat adanya masalah.

"Saya merasa senang, karena kata ibu, saya berhasil menghilangkan lemak dari tubuh," tuturnya.

Namun, gangguan makan yang dialami Jones membuatnya harus kehilangan berat badan secara drastis. Dalam dua tahun, berat badan Jones menurun drastis hingga 50,8 kilogram. Ia pun tak lagi mengalami menstruasi.

"Tubuh saya sangat lemah dan saya tak bisa beranjak dari tempat tidur," akunya.

Masalah emosional tak hanya terjadi pada Jones saat ia remaja. Di usia 19, saat kuliah di Manchester University, Jones mulai berkencan dengan ayah Maisy. Ia berasumsi, penderita anorexia seperti dirinya takkan subur apalagi hamil. Namun hasil scan menunjukkan, Jones hamil 26 minggu.

"Saya tak menyangka. Karena ukuran tubuh saya kecil, berat badan tak bertambah dan perut saya rata," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com