Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah dan Sayur, Asupan Favorit Saat Menstruasi

Kompas.com - 10/11/2011, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan mengalami gangguan fisik dan emosi yang berbeda jelang dan saat menstruasi. Cara mengatasinya pun tak sama. Namun satu kesamaannya, emosi cenderung labil, mudah marah dan nafsu makan perempuan cenderung meningkat terutama jelang jadwal menstruasi datang.

Kebanyakan perempuan merasakan pusing, lemas, sedikit nyeri di perut bagian bawah, atau malas beraktivitas. Perempuan yang lain akan merasa tubuh jadi lemas dan cepat lelah, berat badan bertambah, berjerawat, sampai pinggang terasa pegal.

Tanda-tanda ini kebanyakan muncul saat perempuan mengalami PMS, alias premenstrual syndrome. Namun keluhan seperti ini juga masih terjadi saat sedang menstruasi. Untuk mengurangi rasa tak nyaman karena haid, makan makanan tertentu menjadi pilihan.

Majalah CHIC, melalui Chicpool, mendapatkan data 50 persen perempuan pembaca majalah Chic mengaku memilih sayur dan buah segar saat menstruasi datang.

"Saya pilih sayur dan buah segar, karena saat menstruasi tubuh terasa lemas dan konsentrasi berkurang, jadi butuh makanan yang banyak mengandung vitamin," aku Eka Septiana, 23, lajang yang bekerja sebagai Customer Service.

Selain sayur dan buah segar, makanan favorit perempuan saat menstruasi di antaranya cokelat, es krim, makanan berkuah pedas dan panas.

Sebanyak 20 persen perempuan memilih cokelat dan es krim. Sedangkan 15 persen perempuan memilih makanan berkuah pedas dan panas. Sisanya, 15 persen perempuan mengaku tidak memiliki makanan khusus saat menstruasi.

Novita Ady Saputri, 22, lajang yang bekerja sebagai Front Desk Agent mengatakan cokelat dan es krim lebih dipilihnya karena kenikmatan dan rasa manis segar dapat menghilangkan rasa bad mood.

Sedangkan makanan berkuah pedas dan panas dipilih karena ampuh menghangatkan perut, terutama bagi mereka yang mengalami sakit perut saat menstruasi. "Makan makanan yang hangat sangat nyaman di perut," kata Anastasia Natalia Gunawan, 28, perempuan menikah yang bekerja sebagai Business Analyst ini.

Boleh jadi, Anda juga memilih makanan yang sama atau Anda punya cara lain mengatasi rasa tak nyaman saat menstruasi datang?

(Majalah CHIC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com